PERPUSDES CUKANGILMIAH CUKANGKAWUNG BERHASIL CETAK USAHAWAN HANDAL ONLINE

TASIKNEWS-Dengan memperkuat Program Transformasi Perpustakaan Perbasis Inklusi Sosial, Desa Cukangkawung Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, jadi inspirasi untuk desa lainnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Ketua Perpustakaan desa (Perpusdes) Cukangilmiah, Dudi Rohdinulhak, S.Pd, MPD, saat dihubungi lwat telepon celullernya, mengatakan, karya-karya tulis yang ada di perpusdes sangat bermanfaat karena bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Selain menjadi tempat kegiatan taman bacaaan gratis, kata Dudi, di perpusdes bisa mengikuti pelatihan kewirausahaan, kursus bahasa Inggris, kursus komputer, lab komputer dan layanan internet gratis tiap hari minggu.

“Disini juga disediakan ruang praktek keterampilan pengolahan dan pengemasan hasil kerajinan makanan dengan sentuhan inovasi, “terangnya.(24/11)

Dudi menambahkan, hingga saat ini keberadaan perpusdes Cukangilmiah Desa Cukangkawung semakin maju, seperti keberhasilan dari literasi aplikatifnya, Intan, siswa SMA Islam Al-Hidayah, Intan Kurniawati, anak dari Alm. Sesep Engkun Kurnia dan Nining Wartini, mereka telah melakukan bisnis online secara mandiri.

“Kami bersukur, karena keberhasilan mereka dari hasil baca buku di perpusdes ini, “ucap Dudi.

Dudi juga mengatakan, bisnis online yang digeluti Intan, antara lain, produksi selimut, wadah ballpoint dan lain-lain.

Peran Perpusdes Cukangilmiah tidak hanya menjadi motivator saja, tai ia juga memberi pelatihan sistem menejmen usaha dan merintis kerjasama dengan SKB Kabupaten Tasikmalaya sejak tahun 2015  hingga saat ini. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 4489619845069029812

Posting Komentar

emo-but-icon

item