DESA JANGRAGA ALOKASI DD UNTUK PROGRAM BEDAH RUMAH RUTILAHU

MANGUNJAYA-Pemerintahan Desa Jangraga, Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran, tahun ini mengalokasikan Dana desa (DD) untuk program bedah sejumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga miskin.

Septerti dituturkan Kepala Desa Jangraga, Agus, bedah rumah ini sudah sesuai dengan aturan peruntukan DD,  sebagian dana tersebut untuk pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur. Dan program bedah rumah ini dapat dianggarkan dari DD melalui program fasilitasi peningkatan kualitas rumah tidak layak huni.

Di Desa Jangraga ini terdapat 4 dusun, menurut Agus, satu dusun mempunyai kuota dua kepala keluarga (KK) yang dipilih menurut skala prioritas atau kondisi rumah warga yang benar-benar memerlukan perbaikan.

“Masing-masing KK mendapat anggaran Rp. 10 juta untuk satu unit rumah dan ditambah juga daru swadaya masyarakat, “terang Agus.(7/7)

Lebih lanjut Agus mengatakan, pihaknya bersukur budaya gotong-royong warganya masih kental sehingga antusias untuk membantu meringankan warga lain yang membutuhkan pertolongan pun masih sangat tinggi, terbukti salah satu rumah yang mendapat bantuan rutilahu atas nama  Narmi (65) di Dusun Kamaandilan RT. 11/03 proses bedah rumahnya dibantu sekitar 30 orang secara sukarela.

"Tidak hanya perbaikan rumah saja tapi pemukimannya pun jadi obyek perbaikan kami, “imbuhnya.

Agus menambahkan, kegiatan ini juga akan dilakukan di tahun-tahun berikutnya, bantuan pemdes dalam program rutilahu ini lebih banyak dalam bentuk material bahan bangunan, sedangkan untuk tenaga perbaikan rumah dilaksanakan dengan swadaya masyarakat.

Diakui Agus, bantuan yang disalurkan pada masyarakat sebesar Rp. 10 juta tentunya tidak bisa membangun rumah dalam kondisi bagus, sehingga untuk memenuhi kekurangannya diperlukan swadaya masyarakat.


“Anggaran dari pusat ini merupakan dana stimulan sehingga diharapkan selanjutnya masyarakat bisa memperbaiki rumahnya dengan biaya sendiri. “jelas Agus. (Tn)

Related

Kabar Desa 2822776322645973209

Posting Komentar

emo-but-icon

item