WABUP BUKA KICK OFF MEETING PERENCANAAN PEMBANGUNAN KAB. PANGANDARAN TAHUN 2020

PARIGI- Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, dalam rapat Kick off Meeting Perencanaan Pembangunan Kabupaten Pangandaran tahin 2020, yang diselenggarakan di aula setda(13/12), dalam sambutannya menyampaikan,  perencanaan pembangunan ini dilakukan untuk menentukan skala prioritas pembangunandan langkah-langkah atrategis yang akan ditempuh yang bernuara pada  kesejahteraan masyarakat.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekretaris PSDKU UNPAD Pangandaran, DR. Dipl.Ing. Husin M Al Banjari M.Si, Ketua Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran (ASUP Jabar) Prof. DR. Reiza D M.Hum,  Asisten, Kepala Bappeda, Kepala SKPD, Camat, dan kepala desa, Adang juga mengatakan, pertemuan awal ini merupakan rangkaian proses penyusunan RKPD Kabupaten Pangandaran tahun 2020 dengan tujuan untuk menyampaikan prioritas pembangunan daerah, serta regulasi perencanaan tahun 2020 untuk kemudian menjadi bahan di musrenbang kecamatan, forum perangkat daerah, pra musrenbang dan musrenbang kabupaten.

Adang mengatakan, ada beberapa pendekatan dalam merencanakan pembangunan di Kabupaten Pangandaran, dan perencanan pembanguan daerah ini dilaksanaka dengan serangkaian dialog pembanguna daerah melalu pendekatan bottom-up, teknokratik, politik dan top down.

Ini semua, kata Adang, dilaksanakan secara simultan dalam rangka merumuskan perencanaan pembangunan yang lebih bermakna serta memiliki nilai kebermanfaatan yang tinggi bagi seluruh masyarakat di kabupaten pangandaran.

“Sehingga proses ini memerlukan sinkronisasi antara pemerintah pusat, propinsi dan daerah. “jelasnya.

Pembagian kewenangan antara pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten/kota, lanjut Adang, diperlukannya adanya upaya penciptaan sinkronisasi dan sinergi perencanaaan pembangianan untuk menghasilkan pembangunan yang berdaya guna dan berhasil guna.

“Sehingga dari pertemuan ini diharapkan busa menjadi sarana dalam menyelesaikan isu strategis derah melalui pelaksanaan program kegiatan sektoral di tiap OPD yang berbasis pada kinerja. “imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, wakil bupati juga berkesempatan membahas tentang sosialisasi Perda nomor 3 tahun 2018 terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pangandaran serta sosialisasi program kerja ASUP Jabar tahun 2018. (PNews)

Related

berita 5121622857631653652

Posting Komentar

emo-but-icon

item