PEMANFAATAN POTENSI ALAM DESA MALATISUKA GUNUNGTANJUNG MASIH BELUM OPTIMAL

TASIK NEWS-Suguhan pemandangan yang menakjubkan saat berdiri diatas Gunung Puncak Panenjoan dengan semilir angin segar alami dan menyejukan, ditambah suara instrumen alam dari satwa dan gesekan daun-daun menghadirkan harmoni yang indah.

Hamparan panorama perkebunan Kapolaga yang diapit berjejernya gunung- gunung, seperi Gunung Tasik dan Raja menjadi sebuah pesona tak terlukiskan, karena sejauh mata memandang terhampar keindahan curah air terjun Cipinaha atau akrab dengan nama Curug Husen.

Sekitar Tahun 2015, Curug yang terletak di Kampung Sukasirna Dusun Cipinaha Desa Malatisuka Kecamatan Gunungtanjung Kabupaten Tasikmalaya ini pernah menjadi primadona wisatawan lokal, terutama anak sekolah saat hari libur.

Desa Malatisuka sendiri merupakan desa pemekaran dari Desa Bengkok Kecamatan Salopa ternyata menyimpan potensi pariwisata lain, wisata sejarah Goa Anteg.

Menurut Kepala desa Malatisuka, Asep Yosep Hermawan yang ditemui PNews di ruang kerjanya beberapa waktu lalu, dengan tersediannya potensi sumber daya alam didaerahnya dan sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya sebagai petani, desanya selama ini dikenal sebagai pemasok gula aren.

“Optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam didaerahnya ini merupakan salah satu modal untuk menuju desa mandiri. “kata Asep.

Namun untuk sampai kearah sana, lanjut Asep, terkendala dibidang Informasi Teknologi ( IT ), karena tertinggal dibanding daerah lain dan banyaknya sarana infrastruktur jalan yang masih perlu perbaikan.

" Lambatnya informasi dan komunikasi disebabkan kurang kuat sinyal, dan hingga saat ini  kami sedang berupaya mencari  solusinya untuk pengadaan pembangunan pemancar sinyal atau tower dan pihak desa pun sudah siap memfasilitasi ", tandas Asep. ( RUSDIANTO )

Related

TASIK NEWS 4941759001355426768

Posting Komentar

emo-but-icon

item