PROLANIS BANTU PASIEN PENYAKIT KRONIS KELOLA KESEHATAN

MANGUNJAYA-Selain memberikan jaminan pelayanan kesehatan, program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan juga memiliki beberapa program promotif dan preventif yang memberikan manfaat bagi peserta, salah satunya Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk peserta yang menderita penyakit kronis.

Demikian disampaikan Ketua Tim Kesehatan sekaligus pelaksana Program Prolanis, Dudi Sutisna saat menggelar acara pengguliran BPJS untuk pemerataan pelayanan yang diselebggarakan di Puskesmas Kecamatan Mangunjaya kabupaten Pangandaran.(25/10) yang dihadiri Klinik Prodia Tasikmalaya dengan program pemeriksaan laboratoriom kolesterol total HDL, LDL dan TG.

"Melalui program Prolanis, harapannya penyandang penyakit kronis bisa mengelola kesehatannya dengan baik, agar kualitas hidup pasien tetap optimal meskipun sedang menderita diabetes melitus ataupun hipertensi," kata nya

Menurut Dudi, program ini membutuhkan kerja sama yang komprehensif antara penderita dan keluarganya. Tujuan utamanya agar penderita dan keluarganya dapat mengawasi kesehatan diri secara mandiri, sehingga tercapai keadaan yang baik dan stabil atas gangguan yang terjadi.

"Prolanis diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemandirian peserta dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit kronis, serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta Prolanis," tuturnya.

Sebanyak 60 anggota yang berada di Desa Sindangjaya pun antusias mengikuti pemeriksaan gratis ini, karena hanya bersyaratkan mempunyai BPJS dan sudah terdaftar sebagai anggota klub, maka pemeriksaan pun bisa didapat dengan cuma-uma. (Toni T)

Related

berita 3453836751503175901

Posting Komentar

emo-but-icon

item