LUAR BIASA ! PERHATIAN DAN BANTUAN UNTUK KORBAN BENCANA PANGANDARAN TERUS MENGALIR

SIDAMULIH-Perhatian masyarakat pada kejadian bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Pangandaran sungguh sangat luar biasa. Ini terbukti, ratusan relawan, TAGANA, FKDM, ormas dan elemen masyarakat lainnya terjun langsung ke lokasi bencana untuk membantu para korban.

“Respon masyarakat sungguh sangat luar biasa. “ungkap Kepala Dinas PKPBD Kabupaten Pangandaran saat di temui di posko bencana di halaman kantor Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih.(11/10)

Sejak terjadinya bencana (7/10), para relawan yang tersebar di 7 kecamatan yang terkena bencana, langsung terjun untuk menjalan tugas-tugas kemanusiaan. Menurut Nana, para relawan itu dengan gesit di tengah hujan dan lumpur material longsoran terus bekerja di tengah-tengah warga. Bukan hanya itu, melalui dapur umum yang dibangun di halaman kantor Desa Cikembulan, atau mendistribusikan logistik langsung ke daerah-daerah bencana terus berjalan sambil menunggu informasi jika terjadi ada lokasi bencana baru.

“Kami Pusdalops,Tagana dari Dinas Sosial dan relawan lainnya terus mobile sejak hari sabtu tanggal 7 oktober dengan titik pusat di posko Desa Cikembulan.” jelas Nana lagi.

Lebih jauh Nana mengatakan, untuk persediaan logistik sendiri, menurut Nana, tidak mengkhawatirkan, karena perhatian dan bantuan baik dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan masyarakat lainnya hasmpir setiap hari terus mengalir. Diantaranya, dari Kemterian Sosial RI, BNPB, BPBD Propinsi Jawa Barat, Bulog divre Ciamis, PD BPR BKPD Pangandaran, BKSDA Jabar, Dompet Dua’fa, Pertamina, Pelindo III, XL AXIATA, TGP Legiun, TDPU Daurat Tauhid, Bank mandiri, BRI, PT KAI Daop 2 Bandung dan dari masyarakat lainnya.

"Hampir tiap hari ada saja kiriman bantuan ke posko, dan bantuan tersebut pun langsung kami didistribusikan ke wilayah terdampak bencana yang tersebar di 7 kecamatan yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. "terang Nana.

Nana menghimbau, sebaiknya jika ada masyarakat atau siapa pun yang akan memberikan bantuan, hendaknya disalurkan melalui DPKPBD, Pusdalops atau Dinas Sosial yang sementara ini tempatnya dipusatkan di posko Desa Cikembulan,  agar nanti, lanjut Nana, pihaknya akan mudah untuk membuat kelengkapan datanya, dari mana dan kemana saja bantuan tersebut disalurkan.

“Tidak usah khawatir, bantuan tersebut pasti sampai ke warga yang membutuhkannya. “tegas Nana.

Nana membenarkan, ada beberapa bantuan yang langsung disampaikan ke korban, dan memang hal tersebut keinginan sendiri pihak penyumbang. Hanya saja bila nanti ada yang membutuhkan datanya, jelas batuan itu tidak akan ada pada data di pusdalops atau Dinas PKPBD Kabupaten Pangandaran.

“Karena bantuan tersebut tidak melalui berita acara yang ada di kami. “jelas Nana. (hiek)

Related

berita 694099296616319423

Posting Komentar

emo-but-icon

item