KEMETERIAN SOSIAL AKAN BANGUN KSB DAN LUMBUNG SOSIAL DI PANGANDARAN

PANGANDARAN-Ada 323 kabupaten/kota se-Indonesia merupakan daerah-daerah potensi longsornya paling tinggi, semua daerah itu bisa dilihat secara topograpi seperti ini Banjarnegara dan Magelang di Jawa Tengah dan daerah lainnya.

Demikian disampaikan Menteri Sosial, Khofifah Indah Parawansa saat berkujung ke lokasi bencana longsor di Dusun Sangkanbawang Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. (10/10)
Menurutnya, jika insensitas hujan melebihi dari normal, maka itu sangat mungkin ada pergerakan tanah dan itu mungkin saja bisa terjadi longsor.

Meskipun secara early warning  system masyarakat sudah berjalan baik. Seperti pada saat ada bencana, ada bunyi kentongan, tapi tetap membangun kewaspadaan sangat mungkin harus dilakukan setiap saat ada pergerakan tanah yang akan memungkinkan terjadinya longsor.

“Dan hal tersebut memang  harus terus diedukasi, “kata Khofifah.

Ditambahkan Khofifah, ia sudah menyampaikan ke PNPB untuk disiapkan Kampung Siaga Bencana (KSB). Nantinya di KSB itu, lanjut Khofifah, masyarakat di sini akan dilatih khusus bagaimana cara menghadapi bencana.

“Masyarakat disini pun nanti harus membuat lumbung sosial, sehingga kewaspadaan itu bisa terbangun lebih massif. “imbuhnya.

Ditambahkan Khofifah, bahwa ada hal-hal tertentu saat masyarakat harus melakukan antisipasi, seperti warga yang terdampak bencana akan dievakuasi ke tetangga-tetangga yang lebih aman.
Jadi, lanjutnya lagi, melakukan antisipasi dan deteksi dini itu menjadi hal yang sangat penting bagi daerah ini,  karena disini tergolong daerah yang mungkin tidak mudah diakses.

“Tapi dari tingkat kerentanan kemungkinan terjadi longsor sangat besar, maka antisipasi dini secara mandiri oleh masyarakat memang dibutuhkan. “ungkapnya lagi.

Khofifah juga mengatakan, Kementerian Sosial punya format untuk mempersiapkan KSB, untuk membangun kemandirian di dalam gerakan diteksi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Tentunya kita semua tidak ingin itu terjadi, tapi dari topografi wilayah di Indonesia, PNBP mengatakan, daerah yang bersiko tinggi itu ada di 323 kabupaten/kota. “ pungkasnya. (hiek)

Related

berita 4112584047125565412

Posting Komentar

emo-but-icon

item