PEMKAB PANGANDARAN BERHARAP BBWS SEGERA TANGANI LONGSOR TANGGUL SUKANAGARA

PADAHERANG-Pasca jebolnya tanggul sungai citanduy di Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata siang tadi (4/2) melihat langsung keadaan lokasi tanggul tersebut.

Melihat keadaan debet air sungai citanduy yang sudah turun, menurut Jeje, secara teknis kemungkinan untuk jebol lagi akan berkurang.

Tapi Pemkab Pangandaran, lanjut Jeje, sudah mengerahkan satu unit alat berat dan dua unit dump truk untuk melakukan antisipasi dengan cara gotong royong yang dilakukan DPKPB Kabupaten Pangandaran, Relawan, TNI dan masyarakat setempat membuat tumpukan karung berisi pasir sebagai penguat tanggul.

“Secepatnya kami akan segera melakukan rapat teknis untuk menentukan langkah cepat dan tepat untuk menangani masalah ini. “kata Jeje.

lebih jauh Jeje mengatakan, untuk penanggulangan permanen tanggul citanduy ini sebenarnya kewenangannya ada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Sebenarnya, menurut jeje, longsornya tanggul di lokasi tersebut pernah terjadi. Dan waktu itu langsung diantisipasi dengan membuat bronjong batu.

“Namun karena derasnya arus dan debet sungai citanduy saat hujan turun semakin tinggi, bronjong itu pun telah ambrol dan hanyut terbawa arus. “terang Jeje.

Jeje berharap, pihak BBWS pun ke depan akan mengambil langkah yang tepat agar tidak terjadi lagi longsornya tanggul dilokasi yang sama. Untuk sementara, lanjut jeje lagi, ia akan menunggu penanganan seperti apa yang nantinya akan dilakukan BBWS.

"Jika diperlukan kami pun siap menemani BBWS untuk menghadap ke pusat yang penting masyarakat tidak khawatir lagi karena takut longsor tanggul sungai citanduy suatu saat terjadi lagi. “tegas Jeje.(hiek)

Related

berita 8623092218020491339

Posting Komentar

emo-but-icon

item