WARGA PERTANYAKAN KEKURANGAN VOLUME PEMBANGUNAN TPT DI DESA SUKAJAYA

CIMERAK-Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Rt 02 Dusun Babakan Jaya Desa Sukajaya Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, menuai pertanyaan dari sejumlah warga. Pasalnya, anggaran yang tertera di papan proyek tidak sesuai dengan volume pengerjaan yang dilaksanakan TPK.

Menurut salah warga, pembangunan dengan anggaran dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 54 juta tersebut ternyata tidak sesuai dengan spespikasi volume pekerjaan seperti yang tertulis di papan kegiatan, sepanjang 50 meter.

Masih kata warga yang enggan ditulis namanya itu, ada kejanggalan dalam pembangunan tersebut, karena warga merasa tidak mungkin pembangunan TPT itu menghabiskan anggaran Rp. 54 juta.

“Kalau memang ada perubahan dari perencanaan awal tentunya itu harus ada persetujuan dari BPD serta  dibuat berita acaranya terus dipublikasikan kepada masyarakat sebelum pelaksanaan kegiatan, "ungkapnya. (03/10)

Jika melihat hasil pekerjaan dengan panjang hanya 20 meter seperti yang ada sekarang, imbuhnya, diperkirakan pembangunan tersebut hanya menghabiskan sekitar Rp 20 juta.

Mungkin ada benarnya apa yang dikatakan warga, karena saat dihubungi PNews, ketua TPK yang merangkap sebagai Kepala Dusun Babakan Jaya, ia tidak bisa menjelaskan secara detail masalah ini karena, menurutnya, kewenangannya ada di bagian perencanaan desa.

“Dikhawatirkan nanti saya salah memberi keterangan pada awak media", ucapnya.

Tidak sampai disitu, saat PNews konfirmasi ke bagian perencanaan Desa Sukajaya,  Dede Wahyu, ia  mengatakan, pembangunan TPT ini memang ada efisiensi dan sisa anggaran akan dilaksanakan lagi pada  perubahan anggaran di bulan oktober.

Dede mengakui, memang pembangunan tersebut hanya menghabiskan Rp 22 juta serta menyisakan  anggaran sekitar Rp. 32 jt, dan sisanya ini masuk pada efisiensi anggaran untuk perubahan.

“Jadi uang sisanya masih ada pada rekening,  mungkin nanti bisa diajukan lagi pada perubahan bulan oktober untuk kegiatan pembangunan lainnya, “jelasnya. (AGE)

Related

Kabar Desa 3117182002581994958

Posting Komentar

emo-but-icon

item