WISATA KALIJATI HILLS HARUS DIMULAI DENGAN PERBAIKAN INFRASTRUKTUR JALAN

SIDAMULIH-Sepertinya Pemkab Pangandaran sudah saatnya memberi perhatian lebih pada perkembangan daerah Sidamulih, baik pebangunan infrastruktur atau pengebangan wisata. Perbaikan jalan yang ada di wilayah Sidamulih bisa menjadi alternatif pengurai kemacetan disaat arus lalu lintas padat seperti pada libur idul fitri.

Dengan membuka jalan jalur Kalijati yang akan menembus langsung ke Cikohkol Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, diharapkan kemacetan yang sering terjadi akan terurai, karena jalur ini bisa untuk pintu keluar arus wisatawan. Jaraknya pun relatif lebih pendek jika dibanding antara Pangandaran-Kalipucang-Padaherang-Banjarsari dengan jalur Pangandaran Kalijati-Cikohkol Banjarsari dengan beda jarak tempuh sekitar 20-30 kilo meter.

Camat Sidamulih, Dedi Surachman, S.Sos, M.Si, ketika menemani PNews dan Tokoh Presidium, H. Yos Rosby, beberapa waktu lalu melihat ke lapangan, mengatakan, untuk tahun ini proyek lanjutan rabat beton jalan di Desa Kersaratu dari cibodas hinggai ke Muara Tiga serta  pembangunan jembatan dan rabat beton di 3 tanjakan terjal yang berada di wilayah Desa Kalijati.

Proyek pengerjaan infrastruktur ini, lanjutnya, akan dilanjutkan tahun 2019 dengan sumber anggaran dari APBD Kabupaten Pangandaran sebesar Rp.10 milyar dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Perbaikan jalan di wilayah Sidamulih sudah hampir selesai, hanya saja jika akan digunakan menjadi pintu keluar arus wisatawan perlu ada pelebaran jalan. “ungkapnya.

Selain bisa menjadi jalur alternatif, masih kata Dedi, Sidamulih pun bisa jadi pilihan varian destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran. Wisata Pantai yang eksotis di Desa Sukaresik dengan pesona lagunanya, goa yang berada di Desa Sidamulih, yang akan memacu adrenalin wisatawan untuk mengexplornya, wisata alam Sodong Panjang di Desa Cikalong, Wisata Mancing di Situ Cirangkong ditemani seduhan khas Kopi Srikandi, produk lokal Desa Kersaratu, ada wisata Budaya dengan kearifan lokal yang masih terpelihara dan serta wisata minat khusus di Desa Kalijati yang merupakan dataran tinggi dengan panorama alam yang luar biasa indah selepas mata memandang dengan aroma khas  udara pegunungan yang segar dengan hamparan pohon-pohon hijau yang masih asri serta jauh dari kebisingan.

“Dan saya yakin ada dampak positif yang bisa diterima masyarakat ketika jalur Kalijati ini sudah bisa dilalui wisatawan. “kata Dedi.

Hal senada dikatakan salah seorang tokoh pemekaran Kabupaten Pangandaran, H. Yos Rosbi. Menurutnya, banyak yang bisa ditawarkan dari potensi yang ada di Kalijati untuk dunia pariwisata.

Jika jalan tembus Pangandaran-Cikohkol Banjarsari sudah bisa dilalui kendaraan wisatawan, tentunya ini akan merubah tatanan kehidupan perekonomian masyarakat.

“Misalnya, sepanjang jalur Kalijati nantinya masyarakat bisa menjajakan hasil produksi mereka untuk dijual pada wisatawan, baik yang berkunjung ke Kalijati atau pun yang pulang melewati jalur ini. “tutur Yos.  

Terkait potensi wisata, menurut Yos, dengan melibatkan investor ke depan bisa diciptakan wisata minat khusus. Seperti, arena off road, motocross, paralayang, kereta gantung dan arung jeram  dengan memanfaatkan arus sungai.

“Tapi ini semua bisa dimulai ketika sarana transfortasinya sudah tersedia dengan baik. “imbuhnya.

Yos mengatakan, apa yang sedang dilaksanakan Pemkab Pangandaran sudah selaras dengan ruh napas pemekaran. Peningkatkan pelayanan publik, peningkatan mutu pendidikan, pelayanan kesehatan masyarakat, perbaikan infrastruktur yang ada di desa-desa yang semuanya itu saat menjadi isyu pemekaran pertama dicetuskan menjadi harapan seluruh warga.

Kini, lanjut Yos, masyarakat sudah senang bisa menikmati pembangunan di wilayahnya masing-masing, aktivitas sosial, ekonomi dan keagamaan pun tidak lepas dari sentuhan kebijakan pemerintah daerah. Jika dulu jarak tempuh dan waktu dari pelosok yang ada di Kecamatan Langkaplancar ke Parigi memerlukan waktu tempuh yang panjang, kini dengan waktu yang relatif sebentar masyarakat sudah bisa menikmati perjalanan lancar dan singkat.

“Saat saya bertemu dengan rekan-rekan dari daerah lain rata-rata mereka mengatakan jalan-jalan di daerahnya sudah bagus semua, jadi mungkin tahun besok tinggal menyelesaikan jalan-jalan yang ada di Sidamulih. “imbuh Yos.

Disoal potensi wisata yang ada di kawasan Kalijati, Yos mengakui terobsesi dengan obyek wisata yanga ada di negeri jiran Malaysia, Genting Island. Dengan memanfaatkan kekayaan alam dan nuansa pegunungan, Kalijati pun bukan tidak mungkin bisa dibuka menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW) sekelasnya. Sumber air yang tidak pernah mengering walau musim kemarau, kearifan lokal serta budaya masyarakatnya yang masih kental, itu salah satu modal dasar bisa dikembangkannya Kalijati menjadi salah satu destinasi wisata minat khusus.

“Dan sekali lagi, semuanya itu harus diawali dengan menyediakan sarana transfortasi jalan yang bagus, apalagi dengan visi kita menjadikan Pangandaran seebagai tujuan wisata dunia. “tegasnya. (hiek)


Related

berita 68930317472133207

Posting Komentar

emo-but-icon

item