3 PENERJUN ASING BANTU PENJURIAN CABOR TERJUN PAYUNG PON XIX

CIJULANG-Untuk menjaga netralitas penjurian Cabang Olahraga (cabor) Terjun Payung, pihak panitia PON XIX 2016 mendatang tiga juri (event judge) dari luar negeri. Ketiga juri tersebut, Wiliam (Australia), David Choi (Korea) dan Yazer (Bahrain).

"Bukan berarti Indonesia tidak mampu, tapi kita ingin menunjukan sportifitas dan profesinalisme kompetisi terjun payung, maka kita libatkan tiga orang event judge kesisin. “ Ungkap  Ketua Bidang Perlombaan, Dadan Dani Dipoera saat ditemui wartawan di veanue terjun payung, bandara Nusawiru Cijulang Kebupaten Pangandaran.(24/9).

Ditambahkan Dadang, ketiga juri asing itu diposisikan menjadi koordinator juri (event judge) dari jumlah keseluruhan 23 orang juri. Dengan banyaknya juri tersebut pada setiap kelas yang diperlombakan akan benar-benar dilihat banyak mata juri dan tentunya ini bisa menghasilkan penilaian yang obyektif, akan sulit untuk dimanipulasi.

“Dan ketiga juri asing tersebut, mereka penerjun senior dari berbagai instansi di negaranya. “Terang Dadang.

Pada 4 kategori yang digelar, ketepatan mendarat perorangan putra dan putri serta ketepatan mendarat beregu putra puti, dan juri langsung melakukan penilaian saat atlet mendarat di lingkaran. Sementara untuk kelas kerjasama antar parasut (canopy formation ) dan kerjasama di udara ( formation skydiving ), tim juri melakukan penilaian melalui video yang diambil langsung dui udara oleh atlet.

"Juri melakukan penilaian secara bersamaan dan berulang-ulang melalui video yang diputar hasil rekaman atlet sehingga penialain pun benar-benar akurat," imbuhnya.

Dati babak awal penyisihan, menurut Dadang, hasil penjurian berjalan lancar dan kontingen dari daerah pun tidak ada yang mengajukan protes.

“Kita sangat terbuka, karena semua hasil penjurian setiap babak ditampilkan di papan pengumuman yang ada di tenda manifest, termasuk video hasil rekaman di udara untuk kelas kerjasama di  udara dan dapat ditonton baik oleh atlet atau official," ujarnya.(hiek)

Related

pon XIX 782671983862478708

Posting Komentar

emo-but-icon

item