Situs Batu Kalde Di Kawasan BKSDA Resort Pangandaran Masuk Aset Pemda

PANGANDARANNEWS.COM - Hanya ada satu Cagar Budaya yang saat ini sudah ditetapkan dan mendapat Surat Keputusan (SK) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, Situs Batu Kalde yang berada di kawasan Cagar Alam BKSDA Resort Pangandaran.

Demikian disampaikan Kabid Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Sugeng Yudistira saat mengunjungi situs tersebut yang didampingi Polisi Khusus Cagar Budaya, Haris Bugis.(05/07)

Saat ini, kata Sugeng, ada 166 cagar budaya di Kabupaten Pangandaran dan 40 diantaranya sedang didaptarkan ke data pokok provinsi.

" 3 situs sedang diproses untuk dijadikan cagar yaitu terowongan kereta api Wilhelmina, Julian dan Henrich dan satu yang sudah terdaftar di Oemkab Panndaran, yaitu situs Batu Kalde yang ada di kawasan BKSDA resort Pangandaran," ucapnya. 

Situs Batu Kalde
Seperti diketahui, menurut Sugeng, untuk menetapkan cagar budaya diperlukan penelitian serta kajian arkeolog, dan pengumpulan kelengkapan dokumen sejarah.

"Anggaran untuk penelitian Cagar Budaya tersebut memang cukup mahal karena harus memfasilitasi para arkeologi dan melibatkan beberapa tim untuk penelitian ini," terangnya.

Sementara Polisi Khusus Cagar Budaya Haris Bugis mengatakan, situs Batu Kalde ini merupakan sarana umat Hindu Zaman dulu yang merupakan nandi atau patung sapi dan altar lingga yoni.

"Namun posisinya sekarang sudah bergeser, mungkin disebabkan kondisi alam dan beberapa hal," katanya.

Atau bisa saja digeser kejadian alam seperti Tsunami atau tangan manusia, saat zaman penjajahan jepang dulu.(hiek)

Related

budaya 1173349991929483874

Posting Komentar

emo-but-icon

item