Hati-Hati, Beredar Vidio Hoaks Terkait Ombak Besar di Pangandaran Dengan Narasi Menyesatkan


PANGANDARANNEWS.COM
- Baru-baru ini beredar video pendek dari akun Tiktok Aepsetyawan (brorasta) yang membagikan video kondisi Pantai Pangandaran dengan ombak yang besar dan bernarasi pantai pangandaran berduka, yang diunggah pada 4 Maret 2024.

Seperti dilansir dari laman Dinas Kominfo Kabupaten Pangandaran, setelah dilakukan pengecekan fakta ternyata kejadian dalam video tersebut terjadi pada tahun 2022.

Hal ini dipertegas oleh Ketua Tagana Pangandaran, Nana Suryana, menurutnya kejadian saat itu merupakan fenomena biasa yang terjadi di pantai  Pangandaran saat sedang (musim) Pancaroba.

“Memang ombak sempat hingga membasahi jalan raya, namun hal tersebut bukan sesuatu yang baru dan warga pun tetap tenang seperti biasanya," ujarnya dalam artikel kompas.com berjudul “Gelombang pasang terjang Pantai Pangandaran, Air Laut sampai basahi jalan" yang terbit pada 30 Agustus 2022.

Sementara hasil penelusuran langsung Tim Pangandaran Saber Hoaks ke lokasi sesuai dengan video tersebut (Pantai Timur Pangandaran), pada 4 Maret 2024 terpantau kondusif dan kondisi air laut dalam keadaan tenang serta jalan sepanjang pantai Pangandaran pun bersih dan kering sehingga masih aman dilalui warga atau pun wisatawan.

Jadi dapat diambil kesimpulan
dari video pendek terkait ombak besar Pangandaran adalah menyesatkan serta judul dan narasi yang digunakan pun tidak sesuai, sehingga informasi ini jenis kategori False Connection.***

Related

berita 419673954459315793

Posting Komentar

emo-but-icon

item