BPK Tetapkan, Ronggeng Amen Pangandaran Jadi Warisan Budaya Tak Benda


PANGANDARANNEWS.COM
- Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu ternyata salah satu budaya yang ada di Kabupaten Pangandaran Ronggeng Amen ternyata sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda sejak 28 oktober 2023 oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Seperti diketahui, seni Ronggeng Amen ini cikal bakalnya berasal dari kesenian Ronggeng Gunung yang sudah lama dikenal masyarakat luas merupakan salah satu kekayaan kebudayaan asli asal Kabupaten Pangandaran.

Seperti disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Sugeng Yudistira, ia membenarkan bahwa Ronggeng Amen yang dulu lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Ronggeng Gunung ini sudah masuk pada warisan budaya tak benda.

"Hal ini tentu menjadi sebuah kebangaan kita semua," ungkap Sugeng, saat ditemui PNews di ruang kerjanya.(23/02)

Namun Sugeng menyebut, karena sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda maka ini harus menjadi kewajiban semua agar Ronggeng Amen terus dipelihara salah satunya dengan seringnya pementasan.

Dan sesuai arahan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, jelas Sugeng, kesenian Ronggeng Amen ini harus tetap eksis agar nantinya predikat warisan budaya tak benda yang sudah diakui ini tidak dicabut lagi oleh BPK.

Dan pentas Ronggeng Amen yang akan digelar di alun-alun Paamprokan di kawasan pantai barat Pamugaran pada tanggal 2 Maret 2024 nanti, menurutnya, merupakan upaya Pemkab Pangandaran dalam rangka ngamumule (merawat) budaya Ronggeng Amen ini.

Sugeng juga berharap pementasan Ronggeng Amen atau kesenian daerah lainnya ini bisa berkelanjutan, sehingga selain bisa melestarikan khasanah kebudayaan yang ada di masyarakat juga bisa menjadi ajang promosi pariwisata.

"Kami juga berharap kontribusi para pelaku usaha wisata agar bisa bersama-sama melestarikan budaya daerah yang ada di Kabupaten Pangandaran," ucapnya.(hiek)

Related

budaya 227943692903536154

Posting Komentar

emo-but-icon

item