Saat Hadiri Sukuran Laut, Wabup Tasik Terima Keluhan Nelayan Cimanuk


PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS
- Wakil Bupati Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin beserta sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Sekretaris Dinas Pendidikan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Ketua HNSI, Sekmat Cikalong, tamu undangan dan warga serta para nelayan, siang tadi menghadiri syukuran laut yang dilaksanakan oleh Rukun Nelayan (RN) Nusamanuk Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. (1/11/2023).

Di depan undangan yang hadir Kepala Desa Cimanuk Anzhar Haerudin dalam sambutannya, atas nama masyarakat menyampaikan keluhan Desa Cimanuk khususnya para nelayan yang sejak tahun 2016 para nelayan merasa terdampar. 

Menurutnya, masyarakat dan Pemerintah Desa Cimanuk kehilangan puluhan juta rupiah Pendapatan Asli Desa (PADes) dari retribusi dan kontribusi dari pendaratan ikan nelayan, sehingga pihaknya meminta agar Pemkab Tasikmalaya mendengar jeritan hati masyarakat Desa Cimanuk khususnya umumnya warga Kecamatan Cikalong yang kehilangan mata pencaharian.

"Kami benar-benar menjerit karena kehilangan mata pencaharian, pasalnya para nelayan asal Desa Cimanuk khususnya umumnya Cikalong terdampar di mana-mana," terangnya. 

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin mengatakan, kegiatan syukuran laut ini adalah momentum untuk repleksi agar semua bisa menjaga laut tetap bersih serta kolaborasi pun tetap kompak. 


Cecep mengatakan, investasi pemerintah pada bidang kelautan ini cukup besar, sehingga masyarakat penerima manfaatnya pun harus semakin luas. Salah satunya bantuan perahu kepada nelayan, tentu hal ini harus berimplikasi manfaat ekonomi terhadap masyarakat yang ada di darat.

Revitalisasi dermaga di Desa Cimanuk ini pernah diusulkan pada tahun 201, namun diakui Cecep, sampai saat ini belum ada lagi realisasinya.

Dan Pemkab Tasik pun, menurutnya tentunya akan berusaha dan berikhtiar ke Pemerintah Provinsi untuk mendorong hal ini, dan apabila tidak kuat oleh anggaran Provinsi pihaknya pun berharap APBN bisa turun di sini. 

Ia juga berpesan, pariwisata jangan hanya mengandalkan keindahan alam saja, namun masyarakatnya juga harus siap menerima tamu dengan segala keramahannya.

"Intinya kalau ada tamu jangan diganggu, pakai etika penerimaan tamu dan kita harus ramah terhadap tamu yang berkunjung kesini," ungkapnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 7681470938611208165

Posting Komentar

emo-but-icon

item