Sekertariat DPRD Pangandaran Raih JDIH Terbaik Ke 1 Tingkat Nasional, Asep Noordin Sebut Ini Kado Pada HUT Ke 11


PANGANDARANNEWS.COM
– Sekretariat DPRD Kabupaten Pangandaran raih prestasi  luar biasa dengan anugerah Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) terbaik ke II Sekretariat DPRD Kabupaten Kota Tingkat Provinsi Jawa Barat pada bulan September 2023, dan prestasi tersebut kembali diulang dengan kembali meraih penghargaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) peringkat Terbaik Ke I tingkat Nasional  kategori JDIH Sekretariat DPRD Kabupaten.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh  Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laoly dan diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin H.M.M di Ball Room Hotel Aston Kartika Jakarta di jalan Kiyai Tapa Grogol Jakarta Pusat pada hari Kamis tanggal 12 oktober 2023  dihadiri seluruh anggota JDIH yang telah terintegrasi dengan JDIHN, dan sebanyak 1024 anggota JDIHN dengan 13 kategori pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM seluruh indonesia dan lembaga lain.

Dalam sambutannya Kepala BPHN Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana. S.H., M.Hum,menyampaikan, JDIH ini merupakan sarana membangun hukum nasional sebagai perekat dalam pemersatu bangsa melalui transformasi digital, dengan slogan Satu Data Untuk Semua.

“JDIHN Award juga menurutnya merupakan prasarana pembinaan bidang hukum dalam menghadapi tantangan problematik hukum, apalagi saat ini sedang dalam menghadapi tahun politik yang di mungkinkan banyaknya permasalahan hukum yang perlu di selesaikan,” ucapnya.

Di tempat terpisah Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin HMM mengatakan, JDIH DPRD Kabupaten Pangandaran ini berisi informasi terkait regulasi meliputi Peraturan Daerah mulai dari penyusunan Propemperda, Naskah Akadamik, pembahasan Raperda sampai penetapannya, Peraturan DPRD, Keputusan DPRD, risalah-risalah rapat pembahasan raperda,  agenda kegiatan DPRD, serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD dalam pembentukan produk hukum daerah.

Selain itu, ungkapnya,  setiap produk hukum yang sudah tersusun di Web JDIH sudah memiliki Abstrak sehingga masyarakat, pimpinan dan anggota DPRD serta yang lainnya dapat mengetahui lebih cepat isi dari produk hukum dan yang lainnya.

“Dengan demikian tentu lebih mempercepat pemahaman terhadap produk hukum yang ingin kita ketahui,” jelasnya.

Asep Noordin

Pelaksanaan JDIHN Award tingkat Nasional ini kata Asep, merupakan dukungan untuk implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi  dan Informasi Hukum Nasional. Perpres tersebut mengamanatkan agar JDIH dapat menjamin terciptanya pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang terpadu dan terintegrasi di berbagai instansi pemerintah maupun instansi lainnya.

BPHN selaku pembina JDIH, terang Asep, adalah penyelenggarakan JDIHN AWARD dengan beberapa tahapan dan mekanisme penilaian yang ditargetkan tentu yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota JDIHN yang telah terintegrasi dengan JDIHN BPHN.

Dan pemberian Anugerah JDIHN atau JDIHN Awards bagi Anggota JDIHN, menurutnya, ini sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas kinerja dalam mengelola JDIH. 

Asep mengaku, namun untuk mempertahankan prestasi ini tentu merupakan hal yang tidak gampang, perlu dedikasi dan kerja keras yang luar biasa serta didukung dengan team work yang kompak dan solid.

"Alhamdulilah pada tahun 2023, kita dapat meraih penganugerahaan  peringkat terbaik ke 1 di tingkat nasional, dan ini merupakan prestasi yang luar biasa serta merupakan kado terbaik pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Pangandaran ke 11 tahun 2023,” pungkasnya.***


Related

Jendela Parlemen 8430649141694625481

Posting Komentar

emo-but-icon

item