Ketua DPRD Pangadaran Angkat Bicara Terkait Defisit Anggaran, Banyak Program dan Kegiatan Tak Jadi Prioritas

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin
PANGANDARANNEWS.COM – Beberapa waktu lalu saat diminta tanggapannya terkait defisit anggran yang terjadi Pemerintah Kabupaten Pangandaran sehingga harus berhutang kepada bank untuk menangani defisit tersebut dengan tenor sekitar 10 tahun, Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengatakan, secara prinsip jika melakukan perubahan APBD harus dilakukan siasat untuk melakukan penyehatan. Dan peminjaman uang itu akan dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari Bappenas, Kemendagri dan Kementerian Keuangan, sehingga harus ada langkah-langkah strategis terkait dengan penyehatan APBD.

“Dan yang kita ketahui memang APBD kita saat ini sedang tidak sehat,” kata Asep, saat ditemui PNews diruang kerjanya. (23/10)

Asep menyebut selain mengurangi beban yang telah disampaikan bupati baik terhadap lembaga maupun masyarakat Pemkab Pangandaran juga harus melakukan efisiensi kegiatan yang memang sekiranya bisa menyehatkan APBD.

“Tentu hari ini kami di fraksi-fraksi DPRD sepakat untuk melaksanakan efisiensi hingga hampir Rp4 miliar,” terangnya.

Dan untuk melakukan efisiensi tersebut, kata Asep, maka sejumlah agenda di DPRD beberapa kegiatan tidak  bisa dilaksanakan. Seperti  kegiatan kunjungan kerja untuk pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan kegitan lainnya.

Ia menambahkan, ada beberapa kegiatan dan program belanja yang memang tidak jadi prioritas, untuk itu pihaknya berharap pemerintah daerah juga melakukan hal yang sama. 

“Tapi saya yakin Pemkab juga telah melakukan efisiensi di setiap SKPD,”uapnya.

Disoal defisit anggaran yang mencapai Rp351 miliar, menurutnya hal tersebut nantinya ada tahapan pembahasan terkait pinjaman daerah. Dan baru-baru ini juga dalam KUA-PPAS 2024 DPRD ada skema itu, yang tentu baru dalam tahap pengusulan rekomendasi dari Kemenkeu, Kemendagri dan Bappenas.

 “Nanti apakah skema di dalam RAPBD 2024 ini akan direkomendasi oleh pemerintah pusat atau tidak, kita tunggu saja hasilnya.” Imbuh Asep. (hiek)


Related

Jendela Parlemen 6845051011394913216

Posting Komentar

emo-but-icon

item