Wildan dan Sipa Asal Kecamatan Pangandaran Berhasil Sabet Juara 1 Duta Baca Kabupaten Pangandaran Tahun 2023


pangandarannews.com
- Melalui proses dan sejumlah seleksi yang diikuti 12 peserta seperti seleksi administrasi, konten video, tes tulis, pengembangan diri dan wawancara, akhirnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Pangandaran menetapkan peserra asal Kecamatan Pangandaran, Muhamad Wildan dan Sipa Aulia berhasil meraih juara 1 dalam ajang pemilihan Duta Baca Pangandaran 2023.

Peserta seleksi pemilihan Duta Baca Pangandaran 2023 ini berasal dari perwakilan kecamatan se-Kabupaten Pangandaran dan puncak pemilihan Duta Baca ini dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Kabupaten Pangandaran.(4/3)

Dalam seleksi Grand Final Duta Baca Pangandaran ini peserta melakukan tes tulis yang berisikan wawasan umum, seputar perpustakaan, literasi tentang Pangandaran yang dilanjutkan dengan pemaparan program serta sesi tanya jawab dan wawancara.

Usai kegiatan, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran Dede Suci Sondari kepada sejumlah awakedia mengatakan, proses tahapan pemilihan ini sudah sesuai dengan teknis pelaksanaan dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Suci juga bersukur proses pelaksanaan seleksi berjalan dengan lancar dan semua peserta mengikuti setiap tes hingga acara puncak grand final.

"Pemenang duta baca ini akan mewakili Kabupaten Pangandaran ke tingkat provinsi Jawa Barat di tahun 2023, tepatnya tanggal 13-15 Maret, "terangnya.(04/03)

SementaravKepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispusip Pangandaran, Andang menambahkan, pemilihan duta baca ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan pemerintah daerah melalui Dispusip yang bertujuan sebagai ajang pembentukan karakter anak.

Diharapkan para duta baca ini, kata Andang nantinya harus menjadi role model untuk terus menggaungkan serta mengajak masyarakat Pangandaran untuk datang ke perpustakaan sehingga bisa menumbuhkan minat baca, terlepas apa itu programnya.

"Dan para duta baca ini tentunya menjadi mitra kami dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat," ungkap Andang.

Masih di tempat yang sama, Ketua Paguyuban Duta Baca Pangandaran Aldi Nur Fadillah, mengungkapkan, memahami literasi ini menjadi penting karena literasi bukan hanya persoalan memahami dan mempelajari tapi menerapkan bagaimana menjalani hidup yang bermakna. 

"Melalui kegiatan duta baca ini mereka dituntut untuk menjadi beranda terdepan untuk menyebarkan virus membaca," kata Aldi.

Ia menambahkan, duta baca Pangandaran yang terpilih harus bisa menjadi ikon gerakan literasi di masyarakat sehingga diharapkan tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja, namun dalam setahun kedepan mereka harus mampu mengabdi, bermitra dan berkolaborasi dengan Dispusip dalam setiap kegiatan literasi.

"Perpustakaan sejatinya merupakan rumah ilmu, dan membaca dapat menumbuhkan banyak minat dalam segala bidang kehidupan," katanya.

Berikut daftar pemenang Duta Baca Pangandaran Tahun 2023

1. Juara 1 Putra Muhammad Wildan  Kecamatan Pangandaran 

Juara 1 Putri Sipa Aulia Kecamatan Langkaplancar 

2. Juara 2 Putra  Asep Rifki Maulana Malik Kecamatan Cigugur

Juara 2 Putri Sri Puji S Rahayu Kecamatan Padaherang 

3. Juara 3 Putra Dini Sirojul Munir Tasikmalaya

Juara 3 Putri  Indah Permata Sholihah  Kecamatan Pangandaran.(PNews)

Related

berita 8806814706785196347

Posting Komentar

emo-but-icon

item