Pada Musrenbang RKPD 2024, DPRD Pangandaran Sampaikan 6 Pokir


PANGANDARANNEWS.COM
- Bertempat di hotel Pantai Indah Timur saat acara Musawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RPJMD) Kabupaten Pangandaran tahun 2024, Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin.H.M.M berkesempatan menyampaikan enam pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD.(01/03)

Asep menyampaikan Musrenbang merupakan forum yang membahas penyusunan rencana pembangunan, baik pembangunan nasional maupun pembangunan yang ada di daerah. 

Pada Musrenbang RKPD 2024 ini, kata Asep, juga bertujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah serta prioritas pembangunan apa saja di tahun 2024.

Selain itu, imbuh Asep, dalam musrembang ini disepakati kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi. Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan priorotas pembangunan provinsi dan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan pemerintah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang di tingkat kecamatan. 

"Dan peran DPRD dalam penyusunan rencana pembangunan daerah ini sesuai  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017," terang Asep.

Ia menambahkan,  dalam penyusunan awal RKPD, DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran berdasarkan hasil reses dan penjaringan aspirasi dari masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiayan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang RPJMD. 

Pokok-pokok pikiran yang dimaksud, menurut Asep, diantaranya penguatan sektor unggulan dalam penanganan kemiskinan dan penyerapan tenagan kerja, pengembangan pusat ekonomi masyarakat melalui program ekonomi kreatif, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan penanganan stunting.

Selain itu dalam pokir tersebut DPRD juga memberikan masukan terkait peningkatan kapasitas pendidikan kesetaraan, peningkatan nilai invetasi melalui infrastruktur dan konektivitas pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, reformasi birokrasi dan inovasi daerah. 

"Semua ini kami sampaikan dalam forum Musrenbang RKPD tahun 2024," pungkasnya. (PNews)

Related

Jendela Parlemen 5537147366279331908

Posting Komentar

emo-but-icon

item