Sambut Bulan Bhakti PU ke 77 tahun 2022 Dinas PUTRPRKP Pangandaran Tanam 1000 Pohon Cemara dan Donor Darah

PANGANDARANNEWS.COM – Dalam rangka rangkaian Hari Bakti PU ke-77 yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2022 mendatang, Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan donor darah bertempat di lokasi objek wisata Tanjung Cemara.(26/11).

Seperti disampaikan Kepala Dinas PUTRPRKP Pangandaran, Ling Ling Nugraha Senjaya, kegiatan penanaman pohon di sempadan pantai dan ruang milik jalan jenis cemara laut sebanyak 1000 pohon

dan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan atau DLHK ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Bakti PU ke-77.

"Ini merupakan salah wujud kepedulian kami pada lingkungan serta kemanusiaan, dan khusus untuk kegiatn penanaman pohon ini sengaja dilakukan dalam rangka gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai, "ucapnya.

Pemulihan alam melalui penanaman pohon ini, kata Lilingling, sejatinya menjadi tanggung jawab semua pihak dan Dinas PUTRPRKP Pangandaran berkolaborasi agar alam ini bisa dinikmati di masa yang akan datang, karena penanaman pohon ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan dan lahan untuk penyelamatan sumberdaya air, produktivitas lahan, perubahan iklim serta pencegahan bencana hidrometeorologi.

Secara pentahelix, imbuhnya, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha, Perguruan Tinggi, Swasta, Organisasi Masyarakat telah melakukan kampanye pemulihan alam seperti di Daerah Aliran Sungai (DAS) melalui penanganan lahan kritis baik secara vegetatif maupun pembuatan bangunan konservasi tanah dan air.

"Dan ini menjadi komitmen serta tanggungjawab sosial dan moral kami yang akan terus melakukan optimalisasi penanganan potensi kerusakan alam,"tegas Ling Ling.

Seperti diketahui, terang Lingling, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebelumnya telah menargetkan pada Desember 2022 menanam 70 juta pohon secara merata. Penanaman pohon itu sebagai penanganan lahan kritis dengan melakukan pembinaan melalui desa konservasi termasuk bibit tanaman cemara udang untuk pembuatan hutan pesisir pantai di Kabupaten Pangandaran, dengan target agar bisa  kesadaraan serta kepekaan masyarakat Jawa Barat untuk senantiasa menjaga hutan melalui menanam pohon.

“Manfaat penanaman pohon ini juga merupakan dukungan langkah antisipasi bencana seperti longsor, melalui pelestarian alam, “pungkasnya. (PNews)


Related

berita 413638957191982241

Posting Komentar

emo-but-icon

item