Pandum Fraksi Persatuan DPRD Pangandaran Terhadap Raperda APBD Perubahan tahun 2022, Layak Dibawa ke Tahap Selanjutnya

PANGANDARANNEWS.COM – Fraksi Persatuan DPRD Kabupaten Pangandaran, dalam pandangan umum (Pandum) yang terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 yang disampaikan Cecep Nurhidayat, S.Pd, mengatakan, Perda ini merupakan landasan dan instrumen yuridis yang penting dan strategis bagi pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan daerah yang goal-nya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sebuah Perda tidak hanya berfungsi untuk mengatur masyarakat, namun kata Cecep, juga memiliki fungsi strategis lain diantaranya untuk memberikan perlindungan terhadap hak – hak rakyat dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Setelah mencermati, mempelajari dan mengamati pemaparan dari Bupati Pangandaran tentang Perubahan APBD tahun 2022, maka, lanuut Cecep, Fraksi Persatuan menganggap perlu untuk memberikan pandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran dan belanja daerah tahun anggaran 2022 tersebut, dengan uraian berikut ini, 

Pertama, pengelolaan keuangan daerah yang baik, harus taat asas dan filosofi kebijakan politik anggaran yang berpihak pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat kabupaten pangandaran.

Kedua, akuntabilitas harus menjadi tatanan dari setiap upaya untuk melakukan perubahan dan pembenahan yang lebih baik dan optimal, termasuk dalam perbaikan dan pembenahan manajemen pengelolaan keuangan daerah. 

“Jadi selain akuntabilitas, pengelolaan keuangan daerah juga harus memiliki hasil guna dalam artian pengelolaan keuangan daerah harus sedemikian rupa sehingga memungkinkan setiap program direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan dengan hasil yang optimal dengan biaya yang efektif dan efisien, “papar Cecep.(01/09)

Cecep mengatakan, Fraksi Persatuan juga berharap kualitas APBD perubahan tahun 2022 bisa memenuhi prinsip transparansi, akuntabilitas, responsivitas, keadilan, efisien dan efektif terhadap sasaran target khususnya pemulihan dan pengendalian pertumbuhan ekonomi serta terjadi dampak terhadap perubahan sosial berdasarkan pemikiran yang matang, komperhensif dan menyeluruh.

“Untuk itu Fraksi Persatuan menyetujui Raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022 dipandang layak untuk dibahas pada tahap selanjutnya, “tegas Cecep. (PNews)


Related

Jendela Parlemen 7110302310404397908

Posting Komentar

emo-but-icon

item