BUAH 'IDUL ADHA BERBAGI DENGAN SESAMA


pangandarannews.com - Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, selain perbedaan penentuan waktu jatuhnya hari raya Adha antara Sabtu dan Ahad 9 dan 10 Juli 2022, juga masyarakat mulai bangkit dari cengkraman covid 19.

Penyembelihan hewan qurban selain bentuk ibadah juga mengandung sejarah yang panjang. Ribuan tahun yang lalu yang diawali keteguhan sosok kharismatik dan agung Ibrahim As dengan buah hatinya Ismail As. 

Inilah tema yang sering diangkat para mubaligh kaitan dengan ibadah qurban ini. Terutama mengenai keimanan Ibrahim dalam meniti kehidupan yang dipenuhi warna penuh teladan yang dalam Al-Qur'an disebut Uswatun hasanatun, teladan yang baik. Selain disematkan kepadanya juga kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Salah satu keteguhan Ibrahim adalah saat Allah SWT uji dengan perintah penyembelihan atas buah hatinya. Akankah ia masih lebih mencintai Sang Penguasa atau lebih ke putra tercintanya. Disinilah antara sisi kemanusiaannya dengan kekokohan keyakinannya. 

Ibrahim As menyadarinya bahwa sesuatu perintah dari Tuhannya tidaklah mungkin keliru, sekalipun harus mengorbankan buah hati belahan jantungnya.

Gambaran peristiwa agung ini diabadikan dalam Surat As-Saffat (37) Ayat 102

"Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".

Allah SWT kemudian menghentikannya dan menggantinya dengan binatang dan peristiwa ini berlanjut dalam bentuk ibadah qurban. Maka hari raya idul Adha dinamainya juga hari raya qurban.

Kita dituntut untuk dpat mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa agung itu, bahwa kecintaan kepada Allah SWT sejatinya melebihi segalanya. Dan salah satunya dibuktikan dengan penyembelihan hewan qurban untuk kemudian berbagi dengan sesama. (Haris Firdaus)

Related

berita 4720530562540814747

Posting Komentar

emo-but-icon

item