Gebyar Bulan Bung Karno, Sajian Aneka Ragam Urab Penuhi Alun-Alun Paamprokan Pangandaran

PANGANDARANNEWS.COM - Berbagai aneka urap nampak dipajang di atas meja yang hampir memenuhi kawasan alun-alun Paamprokan Pangandaran, ini menjadi salahsatu kegiatan untuk memeriahkan Gebyar Bulan Bung Karno tahun 2022.(1/7)

Seperti diketahui, urap atau dalam bahasa sunda lajim disebut urab ini merupakan hidangan aneka sayuran yang dimasak lalu dicampur parutan kelapa yang sudah diberi bumbu rempoah-rempah, seperti bawang merah, kencur, cabe rawit dan lainnya yang akan memberi citarasa gurih dan enak.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran, ragam urab tersebut dibuat beberapa kelompok masyarakat yang ada di 93 desa di 10 kecamatan se-Kabupaten Pangandaran ini untuk dipertanding. 

Seperti disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Jeje Wiradinata, aneka urab ini dipajang dan dilombakan yang nantinya akan dinilai oleh dewan juri.

Kata Jeje, ada syarat dan ketentuan dalam lomba kuliner urap ini, seperti setiap group terdiri dari 3 orang peserta, durasi pada perlombaan tersebut selama 20 menit dengan bahan dan alat disiapkan peserta sendiri.

“Untuk sayurannya, bahan dasar urab harus terdiri dari 7 jenis sayuran dan proses memasak sayuran serta pembuatan bumbu diperbolehkan sebelum lomba,” jelas Jeje.

Jeje mengatakn, untuk penyajian dalam lomba tidak dibatasi apa itu mau ala  tradisional atau modern karena dewan juri hanya akan menilaian meliputi rasa, warna, komposisi dan teknik penyajian.

“Melalui lomba ini kami berharap urab bisa menjadi kuliner khas masyarakat serta menjadi kuliner andalan Kabupaten Pangandaran, ”pungkasnya. (PNews)


Related

berita 6569446969292131794

Posting Komentar

emo-but-icon

item