Bupati Jeje Wiradinata Himbau Masyarakat dan PNS Kabupaten Pangandaran Gunakan Produksi UMKM

pangandarannews.com – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata beberapa hari lalu melakukan kunjungan ke Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Usaha Menengah Kcil dan Mikro (UMKM) kerjasama antara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pangandaran dengan PT Indomarco Prismatama, bertempat di Ballroom Hotel Pantai Indah Timur. (19/07)

Selain bupati, kegiatan pelatihan tersebut tutut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. Drs. H. Kusdiana, MM, Kepala Dinas Koperasi  Usaha Kecil dan  Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pangandaran Drs. Tedi Garnida, Ketua Dekranasda Kab. Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata, Branch Manager Indomaret cabang Cirebon Jefri Hirokito, Marketing Manager Mikro Ekonomi PT Indomarco Prismatama, Eka Kurniadi dan para peserta pelatihan UMKM Pangandaran.  

Di depan peserta pelatihan dan undangan yang hadir, bupati menyampaikan, hingga hari ini UMKM di Pangandaran belum marketable dan belum memiliki produk yang terkenal. Seperti produksi asin jambal roti, nama tersebut ada  di dimana-mana, untuk itu pemda tidak henti-hentinya mendorong dan memotivasi para penggiat UMKM agar bisa lebih bangkit.

Bupati menyebut, hingga bulan juni ini tercatat kunjungan wisatawan ke Pangandaran sekitar 3 juta orang, 80.000 orang setiap minngu pengunjung berlibur ke Pangandaran, malah pada libur sekolah kemarin tercatat hampir 100.000 orang, sebenarnya ini bisa menjadi pasar yang luar biasa untuk market produk UMKM.

“Sangat mubazir jika kondisi tiga juta orang merupakan pasar ini tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya,  seharusnya tidak ada lagi warga yang kelaparan, karena usaha apapun bisa dilakukan dengan baik disini, ”kata bupati. 

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada pihak Indomaret yang telah mengadakan pelatihan ini, dan diharapkan pelatihan ini menjadi upaya kebangkitan ekonomi masyarakat Pangandaran khususnya untuk para pelaku UMKM.

Dan bupati juga menganjurkan kepada seluruh masyarakat terutama ASN untuk membeli kebutuhan sembakonya produksi UMKM Pangandaran, sehingga bisa meningkatkan omzet penjualan mereka.

“Ayo semangat, ASN diwajibkan membeli beras, telur, kecap dan kebutuhan lainnya dari produksi asli Pangandaran, “tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi  Usaha Kecil dan  Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pangandaran Drs. Tedy Garnida, MM kepada sejumlah awak media, mengatakan, selain memberikan pelatihan kewirausahaan  pelatihan ini juga sekaligus untuk menyeleksi produk UMKM yang bisa dipasarkan di Indomaret.

Saat ini para UMKM, imbuh Tedi, diberi penjelasan umum lalu setelah itu pihak Indomaret akan menganalisis, mengkaji, memverifikasi, dan akan mengevaluasi berbagai perbaikan dari produk UMKM Pangandaran.

“Dan semua produksi hasil para pelau UMKM ini akan dibawa ke Cirebon untuk dilakukan verifikasi,”jelas Tedi.(PNews)


Related

berita 7657689632867944098

Posting Komentar

emo-but-icon

item