KETUA DPRD PANGANDARAN: “PERLU ADANYA PENINGKATAN SDM PETANI, NELAYAN, UMKM, IKM DAN KOPERASI”

PANGANDARANNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangandaran beberapa hari lalu membuat Pokok Pikiran (Pokir) terkait rencana dan prioritas program optimalisasi sektor ekonomi unggulan.

Seperti disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin, saat ini perekonomian Indonesia diwarnai dengan banyaknya UMKM, IKM dan Koperasi. Dan upaya agar sektor tersebut berjalan baik maka perlu ditunjang dengan kualitas tenaga kerja yang kreatif dan inovatif.

Dan untuk menunjang keberhasilan sektor-sektor tersebut, menurut Asep, perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti petani menjadi petani profesional.

"Sama, SDM nelayan kita juga harus jadi nelayan profesional, "kata Asep.(02/06)

Kata Asep, petani dan nelayan harus dibekali program dan fasilitasi teknologi sehingga jika sudah terwujud tahapan profesional dan cakap dalam penggunaan teknologi maka akan mempermudah pengembangan sarana dan prasarana agrobisnis sektor pertanian dan perikanan.

Asep juga mengatakan, perlu ada penguatan sumber daya UMKM dan koperasi yang berkesinambungan dan terintegrasi antar stakeholder serta dibutuhkan program penguatan sumber daya modal, SDM, manajemen, jejaring koperasi, UMKM dan IKM.

“DPRD tentu akan mendorong penguatan sentra industri kecil berbasis kelompok atau masyarakat sebagai ciri khas pengembangan wilayah, dan agar variabel tersebut mudah terealisasi tentu butuh peningkatan nilai investasi guna memperluas kesempatan kerja," imbuhnya.

Tak hanya itu, kta Asep program pelatihan pertanian, nelayan, UMKM, IKM dan Koperasi juga perlu sarana prasarana pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai pusat pelatihan yang lengkap.

"Dengan ditunjang sarana modern dan inovatif yang mampu mencetak tenaga kerja terampil, dan ini tentunya perlu dukungan pemda dalam pengembangan produk unggulan daerah," pungkasnya.(PNews)


Related

Jendela Parlemen 7798034568010178652

Posting Komentar

emo-but-icon

item