PEMDES DAN POKDARWIS PEMUDA TRILOKA DESA ERENPALAY KEMBANGKAN POTENSI WISATA ALAM DAN BUDAYA SUNDA

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Dalam upaya harapan mewujudkan desa wisata Pemdes dan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pemuda Triloka Desa Ereunpalay Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, bersama lembaga desa lainnya, tokoh masyarakat dan warganya mulai melakukan sejumlah langkah. Salahsatu dengan melakukan pemanfaatan potensi alam untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata, diantaranya di lokasi Walungan Karakal 7 Parit dengan mengadakan mancing bersama warga di area sungai yang memilik kateristik alam khas yang indah. Selain pemannfaatan sejumlah potensi alam juga untuk membangkitkan kembali seni musik buhun Tarawangsa kolaborasi bersama para tokoh penggiat seni sunda setempat.

Demikian disampaikan Ketua Pokdarwis Pemuda Triloka Cecep mulyana S.Kep, menurutnya berdasarkan kesepakatan bersama antara Pemdes, BPD dan masyarakat Desa Ereunpalay untuk mewujudkan potensi alam dan budaya seni sunda agar bisa dikembangkan untuk mewujudkan harapan menuju desa Wisata.

“Kami pun langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kemudian melakukan pemanfaatan potensi alam dan menggiatkan kembali budaya sunda buhun, “ucap Cecep.(27/03)

Bersama seluruh elemen serta didukungan Pemdes Ereunpalay, imbuh Cecep, akhirnya dapat dilaksanakan pemanfaatan kondisi sungai Karakal 7 Parit sebagai salah satu lokasi wisata dengan menggelar acara mancing bersama yang bertujuan untuk mempromosikan wisata dan kampanye pelestarian alam dengan tidak membuang sampah di sungai.

“Kami juga akan terus fokus melakukan inovasi alam dan budaya sunda buhun sebagai potensi wisata menjadikan Eureunpalay menjadi desa wisata,”jelasnya.

Sementara Kepala Desa Ereunpalay Yadi Suryadi saat ditemui terpisah menjelaskan, sesuai dengan kondisi potensi alam dan sejarah banyaknya penggiat seni dan budaya  sunda buhun, pihaknya semakin semangat untuk memanfaatkan dan melakukan inovasi dalam mengelola sejumlah potensi tersebut menjadi  potensi yang layak dikembangkan menjadi lokasi wisata dan pusat study dan pengembangan wisata seni budaya local.

Dengan potensi alam semisal aliran sungai Karakal 7 parit di Kedusunan Mekarsari dengan keindahan alam khas, menurut Yadi ini semua dapat dijadikan wisata alam sehingga pihaknya optimis Desa Ereunpalay nantinya mampu menjadi pusat wisata dan edukasi budaya dan seni budaya berkat sinergitas antara masyarakat BPD, LPM dan Karangtaruna, dan dari sektor wisata ini diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi warga. 

“Masyarakat pun nampak antusias mengikuti mancing bersama, ayo  wujudkan desa wisata di  Ereumpalay, “tegas Yadi. (anwarwaluyo)


Related

TASIK NEWS 3557830086069861699

Posting Komentar

emo-but-icon

item