TAK SUNGKAN WAKIL BUPATI PANGANDARAN TURUN LANGSUNG KE SAWAH LAKUKAN PANEN RAYA PADI BERSAMA PARA PETANI

PANGANDARANNEWS.COM - Wakil Bupati Pangandaran H.Ujang Endin Indrawan, turun langsung ke sawah bersama Kelompok Tani Harapan Mekar Tiga ( KTHMT ) untuk melakukan panen raya, bertempat di Dusun Nusa Gede, RT:10 Rw:10  Desa Cijulang Kecamatan Cijulang. (8/02)

Usai memetik padi, dalam sambutannya wakil bupati menyampaikan, pada pelaksanaan Panen Raya di Dusun Nusa Gede Desa Cijulang ini pihaknya bersama KTHMT mencoba mesin pemanen padi (Combine) untuk memastikan efektivitas mesin tersebut. Dengan adanya mesin combine ini wakil bupati berharap petani dapat meningkatkan persentasi hasil dan meringankan beban kerja. 

“Tetaplah bertani dengan bijak agar bisa mewariskan tanah subur ini pada generasi berikutnya, dan saya merasa bangga melihat semangat masyarakat yang secara tidak langsung membantu mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Pangandaran, “katanya.

Ia menambahkan, ini merupakan upaya-upaya terobosan untuk mengembangkan berbagai sektor yang mempounayi potensi, seperti lahan pertanian sehingga tinggal bagaimana petani melakukan inovasi berkesinambungan agar potensi itu benar-benar bisa dimanfaatkan.

Ujang Endin jga mengingatkan, segala sesuatunya memang dimulai dari titik terendah untuk bisa mencapai ke puncak. Lalu pelan-pelan baru dilakukan pengembangan. Dan sector pertanian ini merupakan batu loncatan untuk menggali potensi lainnya yang bisa lebih dikembangkan lagi.

“Dan tentunya pemerintah selalu akan hadir sebagai pendukung, "ucapnya.

Kelompok Tani Harapan Mekar Tiga ( KTHMT ) di bawah binaan H Ayo bersama Dinas terkait, jelas wabup tentu melihat kondisi tanah yang mengandung banyak zat besi, sehingga metode penanaman pun menggunakan teknologi pencucian serta pengairan tersaring. Ada sedikit kelebihan dari metode ini,  tanaman padi tidak perlu berendam dan cukup dengan sistim pengairannya yang rutin.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Pangandaran, saya sangat apresiasi dan terimakasih atas undangannya Kelompok Tani Harapan Mekar Tiga, dalam rangka kegiatan panen raya padi hari ini, ”ucapnya lagi.

Sementara menurut Ketua Kelompok Tani Harapan Mekar Tiga ( KTHMT ) H Ahyo,  tanaman padi yang dikembangkan saat ini merupakan jenis benih padi Ciherang yang umurnya mencapai 110 hari sebelum memasuki masa panen, dan tahun 2021 lalu KTHMT telah melalukan panen perdana mencapai 10 ton dari luas lahan 1 Hektar, dan tahun ini anen raya diperkirakan akan menghasilkan lebih dari sebelumnya.

Atas nama KTHMT, kata Ahyo, pihaknya meucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan, karena pada hari ini bisa hadir bersama petani pada kegiatan panen raya ini.

“Kami benar-benar mersa bangga, apalagi Pa Wabup mau turun langsung ke sawah bersama-sama para petani, “imbuhnya. (PNews)


Related

berita 9207063602197308354

Posting Komentar

emo-but-icon

item