AKIBAT SALAH KONTRUKSI BENDUNGAN CIKASO TERGERUS LUAPAN AIR SUNGAI

PANGANDARANNEWS.COM - Bendungan Cikaso yang berlokasi di Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandarann terjadi abrasi akibat meluapnya aliran sungai Cikaso akibat akhir-akhir ini insensitas curah hujan tinggi. 

Seperti diketahui, bendungan Cikaso ini telah mengalami perbaikan pada tahun 2021 lalu karena jebol dan sebagian rusak parah.

Saat dikonfirmasi melalui telepon celullernya, Kasi Irigasi di Dinas PUPR Kabupaten Pangandaran, Indra menyampaikan pihaknya akan segera melakukan insfeksi ke lapangan untuk melihat seberapa parahnya kerusakan bendungan Cikaso tersebut.

“Dan ini menjadi bahan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan secepatnya guna perbaikan dan tentunya seberapa besar anggaran yang harus disiapkan, “jelasnya.(16/02)

Setelah dihitung, menurutnya anggaran untuk memperbaiki jembatan Cikaso ini, sekitar Rp 190 jt sebagai biaya pemeliharaan dari APBD.

Dikatakan Indra, mengingat dan menimbang efek dari jebolnya bendungan ini, pihak Pemkab POangandaran melalui Bidang PSDA Dinas PUPR sangat khawatir dengan rumah yang ada di pinggiran sungai akan terkena abrasi sehingga harus secepatnya dilakukan antisipasi sambil berjalan proses perbaikan.

“Ini emergancy, kami sangat kasihan dan takut warga rumahnya tergerus, kasihan mereka mau tinggal dimana,” tuturnya.

Perbaikan ini sudah dimulai sejak hari Senin tanggal 24 januari 2022 lalu, tapi sebelumnya harus dilakukan pembersihan material reruntuhan bendungan terlebih dahulu.

Indra juga menjelaskan, runtuhnya tiang penyangga bendungan Cikaso ini disebabkan ada beberapa kemungkinan salah satunya dari konstruksi yang kurang tepat. 

“Apabila tiang jembatan konstruksi lebih besar dan dibeton kemungkinan akan kuat, jadi titik awalnya adalah kesalahan konstruksi, ”tegas Indra. (Tn)


Related

berita 2643593501729578275

Posting Komentar

emo-but-icon

item