STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN, BUPATI PANGANDARAN GELAR DEKLARASI ODF DI KECAMATAN MANGUNJAYA

PANGANDARANNEWS.COM - Setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya di 5 desa di Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran untuk memastikan tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan, maka pada tanggal 30 Desember 2021 bertempat di Desa Sindangjaya Bupati Pangandaran Jeje Wiradinta didampingi Ibu Ida Nurlela Wiradinata dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Yadi Sukmayadi menggelar deklarasi Open Defecation Free (ODF)  tingkat kecamatan Mangunjaya, sekaligus pemberian penghargaan kepada kepala Desa Sindangjaya, camat mangunjaya dan kepala Puskeamas Mangunjaya atas terlelenggaranya program ODF di wilayah Kecamatan Mangunjaya.(30/12)

Kegiatan ini juga dihadiri Camat Mangunjaya Edi Kusnadi , kepala Puskesmas Mangunjaya Suharyanto, S.Kep.Ners dan seluruh kepala desa se kecamatan Mangunjaya.

Dalam sambutan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sejalan dengan program Kabupaten Pangandaran terkait terwujudnya Pangandaran sehat.

“Karena kesehatan masyarakat sendiri sangat dipengaruhi kesadaran masyarakat dan prilaku masyarakat yang sehat pula, salah satunya adalah buang air besar sembarangan, “ujar bupati.

 Sementara di waktu yang sama kepala dinas kesehatan kabupaten Pangandaran

Sementara Plt Kadis Kesehatan Yadi Sukmayadi kepada awak media menjelaskan, deklarasi ODF ini merupakan program nasional untuk semua desa, karena ODF ini salah satu upaya dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit juga salah satu paktor penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Diharapkan dengan ODF ini masyarakat bisa sehat dan sejahtera salahsatunya adalah dengan adanya perubahan prilaku dan juga lingkungan yang sehat, “kata Yadi.

Ditemui secara terpisah Kepala Desa Sindangjaya Asep Roni, mengatakan deklarasi ODF ini merupakan bagian bentuk pelayanan dasar terhadap masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga paling tidak pihak desa bisa mempasilitasi, tentu bantuan ini harus melalui proses dan tahapan.

“Harapan saya dengan deklarasi ODF ini masyarakat kami akan lebih sehat, “ungkapnya. (Tn)


Related

berita 6092374060750219976

Posting Komentar

emo-but-icon

item