PEMKAB TASIKMALAYA RESMI BUKA OW ALAM PASIRGUMAWANG PARK JATIWARAS

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNESWS - Kerja keras yang dilandasi sipat gotong royong tinggi yang dipupuk selama  1 tahun belakang ini yang dimiliki Karang Taruna Citra Sejati Jatiwaras untuk mewujudkan daerahnya menuju desa wisata sudah dilirik Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Sehingga Obyek Wisata ( OW) alam Pasir gumawang Park yang dirintis sejak bulan Juli tahun lalu pun beberapa hari lalu sudah dibuka dan diresmikan Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya. (29/11).

OW Pasirgumawang  Park yang berlokasi di Pasirgumawang Desa/Kecamatan Jatiwaras selama ini sudah lama menjadi perbincangan masyarakat luas sebagai tujuan wisata keluarga. Berbagai publikasi  baik melalui pembicaraan dari mulut ke mulut atau pun media sosial sudah ramai mewarnai agenda tujuan wisata menjelang hari libur, karena OW Pasirgumawang Park ( PGP) sendiri memanang memiliki  panorama alam yang spesial dengan suguhan kesejukan rindangnya pepohonan dan pelbagai sarana dalam memanjakan pengunjung.

Menurut salah seorang anggota Karang taruna Citra Sejati, Aries tapas, di obyek wisata alam PGP ini sudah tersedia fasilitas diantaranya Jembatan Katineung untuk spot foto, Gazebo dan musola.

"Untuk membuat lebih nyaman pengunjung kami juga ke depannya merencanakan akan memperbanyak fasilitas spot foto, "ungkap Aries.

Sementara menurut Kabid di Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Evi Mulyajaya dalam sambutannya menyampaikan tahun ini Pemkab Tasikmalasa sudah menurunkan SK Bupati bagi 24 desa yang dikukuhkan menjadi desa wisata, salah satunya di Kecamatan Jatiwaras diwakili Desa Mandalamekar.

"Insaalloh  tahun 2022 nanti, kami berharap obyek wisata disini bisa berkembang dan bisa masuk menjadi Desa Wisata dengan mengantongi SK Bupati, "ujarnya.

Evi menjelaskan sebuah obyek wisata itu mempuynai 3 kriteria diantaranya, Atraksi ( Ada yang bisa dilihat dan dikerjakan), Aksebilitas ( jalan) dan Amenitas ( sarana dan prasarana).

Dan untuk menuju Desa wisata, imbuhnya pemerintah desa juga harus segera bermusyawarah dengan para tokoh masyarakat untuk membentuk kepengurusan dengan membentuk Pokdarwis ( Kelompok sadar wisata) serta harus membuat tata tertib atau peraturan di kawasan seputar Obyek wisata.

Secara terpisah, Kepala Desa Jatiwaras, Uun Mis'un mengatakan, kedepan  pihaknya akan melaksaaan musyawarah untuk  pengalokasian anggaran peruntukan Obyek wisata Pasirgumawang park.

"Dan untuk tahun 2022 rencananya akan dialokasikan untuk pembangunan sarana GOR dulu, "jelas Uun. (UDIRUSWANDI)


Related

TASIK NEWS 5478333365620142291

Posting Komentar

emo-but-icon

item