JEMBATAN CINYEPET AMBRUK, JALUR PENGHUBUNGKAN DESA SARIMANGGU KE DESA KARANGMEKAR KARANGNUNGGAL PUTUS TOTAL

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Akibat terkikisnyaderasnya air sungai, jembatan Cinyepet di Kampung Rancapari Dusun Rancasengit Desa Sarimanggu Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya ambruk. (14/9)

Ambruknya jembatan yang selama ini menjadi sarana transportasi warga yang menghubungkan Desa Sarimanggu ke Desa Karangmekar tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

Mendapati adanya kejadian tersebut Pemdes dibantu Ketua  BPD Eli Romli Spd MPd, Babinsa, bhabinkamtibmas, Polsek Karangnunggal, perangkat desa dan Ketua RW/RT, langsung meninjau lokasi melihat langsung lokasi ambruknya jembatan tersebut. 

Usai melakukan pengecekan, Kepala Desa Sarimanggu Indra Nuryana S.Ip membenarkan robohnya jembatan Cinyepet ini  karena kondisi pondasi penyangganya di sebelah kiri dan kanan habis terkikis arus air yang deras sungai Ciharus yang meluap akibat hujan deras pada hari minggu dan hari Senin tanggal 12 dan 13 September 2021 kemarin.

“Akibatnya jalan penghubung Desa Sarimanggu dengan Desa Karangmekar terputus total

Dijelaskan Indra,  dengan robohnya jembatan tersebut membuat akses dari kedua arah menjadi terputus tidak bisa dilalui kendaraan baik kendaraan roda dua atau pun empat  bahkan untuk penyebrangan orang pun cukup membahayakan.

Indra mengatakan fungsi jembatan tersebut cukup penting sehingga robohnya jembatan tersebut mengakibatkan terhambatnya akses perekonomian warga Desa Sarimanggu khususnya menuju Pasar Rancabakung, Desa Karangmekar dan ke pusat ibukota kecamatan Karangnunggal .

Untuk sementara masih kata Indra kendaraan warga yang akan menuju ke Desa Karangmekar harus menempuh jalan melawati Kampung Cimanggu, Rancagobang dan Kampung Santrijaya.

“Sementara untuk mengamankan lokasi, kami dibantu warga telah menutup akses jalan menggunakan palang dari bambu agar memberi tanda pada pengguna jalan,”ucapnya. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 8719857582567101216

Posting Komentar

emo-but-icon

item