DI MASA PANDEMI NELAYAN PESISIR LEGOKJAWA GELAR HAJAT LAUT SECARA SEDERHANA DAN IKUTI PROKES

PANGANDARANNEWS.COM – Bertempat aula tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Legokjawa, masyarakat nelayan Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran tahun ini menggelar upacara hajat laut dilaksanakan secara sederhana. Dalam acara pun dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bagi yang tidak mematuhi akan diberikan teguran, dan jika masih melanggar maka panitia pun tidak aka memberikan izin masuk ke acara.

Menurut Ketua Rukun Desa Legokjawa Uhan Ruhandi, hajat laut ini merupakan ungkapan rasa sukur   para nelayan atas rijki dalam usahanya di laut denganhasil tangkapan ikan yang melimpah.

“Hajat laut ini sudah aa sejak dulu karena yang sudah dilaksanakan turun temurun para nelayan, ” terang Uhan.(2/9)

Tapi karena sekarang pada masa pandemi covid-19, maka kata Uhan, acara pun digelar dengan sangat sederhana seperti ada beberapa tradisi yang mengundang kekerumunan terpaksa tidak dilaksanakan. Dan acara hajat laut tahun ini lebih difokuskan pad acara keagamaan, diantaranya menggela r doa’ bersama dan pengajian atau siraman rohani bagi masyarakat.

“Kami juga melaksanakan baksi sosial dengan membagikan sembako dan uang paceklik untuk 60 nelayan yang diserahkan langsung oleh rukun nelayan, “imbuhnya. (PNews)


Related

berita 558810457579351336

Posting Komentar

emo-but-icon

item