ADA PERBAIKAN JALAN, HINDARI KEMACETAN DI SEKITAR PEREMPATAN CISINGA - CIPASUNG PETUGAS LAKUKAN REKAYASA

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Untuk waktu 1 bulan kedepan akses lalulintas kendaraan dari arah Kota Tasikmalaya menju Singaparna maupun sebaliknya dipastikan akan sedikit terganggu, pasalnya di jalur tersebut sedang dilakukannya proses pelebaran dan pengecoran badan Jl. Raya Timur Singaparna, tepatnya disekitaran perempatan Jl. Cisinga - Jl. Muktamar Cipasung.

Demikian disampaikan Penanggung jawab teknis pengerjaan perbaikan jalan dari PT Trisaya Putra Bungsu, Haris Susanto. Menurutnya proses pengecoran jalan ini membutuhkan waktu dan penanganan khusus sehingga membuat arus lalulintas kendaraan disekitar lokasi pengerjaan proyek ini dialihkan ke jalur alternatif, dan saat arus lalulintas padat kemungkinann terjadi kemacetan di jalur tersebut.

“Proses pelebaran jalan ini sepanjang 2.400 meter, tepatnya dari Desa Cintaraja - Kudang Singaparna, dan khusus untuk jalan yang dengan pengerjaan beton sepanjang 300 meter dengan lebar 8 meter, yakni dari depan BPR Nusamba hingga dpan MI Borolong, “terang Haris seusai melakukan pemaparan teknis bersama Satlantas di Polres Tasikmalaya.(17/9)

Haris menjelaskan, estimasi lamanya pekerjaan itu sekitar satu bulan, sebenarnya pengerjaanya bisa cepat namun pengeringan jalan yang dicor.

Selain dilakukan peningkatan kualitas jalan dengan dibeton, jelas Haris, lebar seluruh badan jalan pun ditambah, jika sebelumnya lebar badan jalan hanya 6 meter kini menjadi 8 meter.

Haris menyebut, sesuai hasil rapat pihak penanggungjawab proyek dan Satlantas Polres Tasikmalaya, untuk sementara jalur lalulintas bakal dialihkan. saat pengecoran tahap 1 badan jalan sebelah kiri, maka untuk kendaraan dari Cintaraja dialihkan menuju Singaparna dibelokan ke kiri menuju Jl. Muktamar - Cipasung - Kokol - Pemda – Rancamaya, sementara dari Singaparna menuju Kota Tasikmalaya tetap jalur normal. Begitu juga saat pengerjaan pengecoran tahap 2 untuk badan jalan sebelah kanan, nantinya akan dicarikan rekayasa jalur kendaraan untuk memudahkan pengendara dan telah disiapkan puluhan rambu dan petunjuk jalan.

"Untuk mengurai kemacetan, kita lakukan rekayasa lalulintas dengan dibantu anggota Satlantas dan Dinas Perhubungan dengan memasang rambu petunjuk jalur alternatif," jelasnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Tasikmalaya, Ipda Solihin membenarkan pihaknya telah melakukan rapat kordinasi dengan penanggungjawab teknia proyek dan Dinas Perhubungan untuk membahas teknis pengalihan arus kendaraan dan rekayasa lalulintas dan pada prinsipnya pihaknya akan menyiapkan anggota untuk siap sedia membantu dan melancarkan arus lalulintas.

Kata Solihin, pihaknya bersama-sama Dinas Perhubungan mengupayakan agar laju kendaraan tidak tersendat dan macet, salah satunya dengan rekayasa arus lalulintas serta sistem buka tutup.

“Dan ini kondisional, melihat situasi kepadatan kendaraan, "ucap Solihin. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 8621412082626061108

Posting Komentar

emo-but-icon

item