TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT PUSKESMAS SAMBONGSARI BANGUN PENAMBAHAN RUANGAN BARU

PANGANDARANNEWS,COM/TASIKNEWS - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan sosialisasi pembangunan penambahan ruangan baru UPTD Puskesmas Sambongpari, yang dihadiri Camat Mangkubumi H Dahlan Iskandar, Kapolsek Mangkubumi Iptu Suhartono, perwakilan Koramil Kawalu dan Tokoh masyarakat, bertempat di aula UPTD Puskesmas Sambongpari Kecamatan Mangkubum. (3/8)

Kepala UPTD Puskesmas Sambongpari Hj Ika Susilawati mengatakan, kegiatan sosialisasi ini selain terkait pelaksanaan pembangunan, juga untuk mempererat tali silaturahmi kami pihak UPTD Puskesmas dengan masyarakat sekitar.

“Pembangunan penambahan ruangan ini bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan fasilitas kesehatan pada warga, “ucap Ika.

Dalam kesempatan tersebut, Ika juga mohon maaf tidak bisa menemui warga satu persatu karena waktu yang tidak mencukupi dan situasi saat ini sedang penerapan PPKM, sehingga acara sosialiasasi ini pun dengan  tamu terbatas dan penerapan protokol kesehatan.

Ika mengimbau kepada para tokoh masyarakat untuk ikut mensosialisasikan serta mengajak warga agar mau divaksin serta memberikan edukasi terkait protokol kesehatan.

Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Sambongpari, kata Ika  masyarakat mengusulkan melalui MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yang dibawa ke SMD (Survei Mawas Diri) yang ada di Puskesmas dan dilanjutkan ke Musrenbang. Dan berdasarkan penilaian dan keinginan masyarakat yang diusulkan ke Musrenbang pada tahun ini pembangunan pun bisa dilaksanakan

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yang diwakili Bagian Umum, Hj Iis Suhartini menyampaikan Puskesmas harus sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan salah satunya  pemenuhan Laboratorium, TB Paru dan beberapa item yang harus dipenuhi oleh Puskesmas

Dikatakan Iis, pembangunan penambahan ruangan ini anggarannya dari DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2021 sebesar Rp.890,3 juta.

Dalam kesempatan tersebut Iis juga menyampaikan amanat Kepala Dinas Kesehatan bahwa pembangunan ini bukan milik Dinas Kesehatan tetapi ini milik masyarakat sehingga harus warga bisa  mengawasi dan mendukungan agar berjalan lancar

"Kita juga perlu saling mengingatkan dan saling mengawasi supaya pembangunan ini sesuai dengan harapan kita semua", ucapnya.

Iis juga berharap, dengan adanya pembangunan ruangan Laboratorium, TB Paru dan fasilitas lainnya bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta dalam proses pembangunannya meminta agar pelaksana bisa memberdayakan masyarakat sekitar.

Kegitan sosialisasi turut hadir Camat Mangkubumi H Dahlan Iskandar, Kapolsek Mangkubumi Iptu Suhartono, perwakilan Koramil Kawalu dan Tokoh masyarakat. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 7717766245233565295

Posting Komentar

emo-but-icon

item