KELOMPOK TANI MAKMUR DESA SIRNAGALIH SUKSES KEMBANGBIAKAN TERNAK SAPI

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS  - Kelompok Tani Makmur Dusun Cimintar Desa Sirnagalih Kecamatan Bantarkalong  Kabupaten Tasikmalaya sukses mengembangkan ternak sapi yang dikelola sejak tahun 2013, dari awal 21 ekor sapi kini sudah berkembangbiak menjadi puluhan ekor sapi.

Menurut Kepala Desa Siranagalih Asep Permana, program ternak sapi bergulir ini awalnya berjumlah 21 sapi indukan yang diserahkan kepada 15 kelompok tani, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.

“Kalau indukan sudah beranak, indukan tersebut lalu dipindah kelolakan ke anggota  begitu seterusnya,”terang Asep.(5/8)

Dengan suksesnya kelompok ini dalam kurun waktu 13 tahun, maka kata Asep, Kelompok Tani Makmur pun menambah lagi sapi indukan, serta untuk kebutuhan pakannya kelompok Tani Makmur pun membuat program baru dengan penanaman rumput di lahan yang berada di Desa sirnagalih.  

Asep mengatakan, dengan adanya kelompok peternak sapi ini perekonomian warga pun bisa terbantu, bahkan ada anggota kelompok mampu membangun rumah dari hasil berternak sapi secara kelompok ini.

Asep menjelaskan satu ekor sapi anakan memiliki nilai jual sekitar Rp 8 juta, dan jika sudah dipelihara setidaknya 1,5 tahun bisa mencapai Rp 12 juta. Dan pemeliharaannya pun tidak terlalu sulit kitan karena  desa juga memiliki lapangan rumput liar yang cukup luas yang bisat dijadikan lokasi mencari rumput atau lahan penggembalaan,

“Ternak  sapi yang ada di desa kami bisa menjadi contoh untuk  desa yang lain nya, dan saya pun sebelum menjad kepala desa pernah menjadi anggota kelompok, ”imbuh Asep. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 2850593039944718296

Posting Komentar

emo-but-icon

item