PEMKAB PANGANDARAN GANTI BIAYA MAKAN PASIEN COVID YANG JALANI ISOMAN


PANGANDARANNEWS.COM –Bagi pasien covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menjalankan Isolasi mandiri (Isoman) Pemkab  Pangandaran akan mendapat pengganti  biaya makan dan minum sebesar Rp 500 ribu.

Demikian disampaikan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pangandaran Jajang Herliana, ia menambahkan pemberian bantuan tersebut terhitung sejak bulan Pebruari sampai hingga desember 2021.

Jajang menjelaskan, selama 14 menjalani Isoman pasien dipersilahkan untuk membeli makanan di warung atau tempat makan lainya dengan nominal Rp 500 ribu.

"Setelah selesai menjalani Isoman, kami minta notanya untuk diganti dengan uang sejumlah nominal tersebut,” kata Jajang. (10/7).

Selain pasien OTG, kata Jajang, bagi Linmas yang berjaga di rumah warga pasien OTG selama 14 hari juga akan  diberikan insentif sebesar Rp 20 ribu per hari,  dan bagi Linmas yang menjaga dirumah OTG itu sebaiknya dua orang.

Lebih lanjut Jajang mengatakan, selama kurun waktu bulan Pebruari hingga Desember 2021, estimasi untuk 1.973 pasien Pemda sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 986,5 juta. Dan untuk pemberian insentif untuk linmas sebesar Rp 624,96 juta untuk estimasi 2.232 linmas.

"Untuk tahap pertama ini ada 188 OTG yang sudah menerima, dengan nilai sebesar Rp 94 juta dan Linmas sebanyak 264 orang dengan nilai Rp 89,76 juta, "jelas Jajang.

Dikatakan Jjang, siapa saja bisa mengajukan pengganti biaya makan ini, tapi lebih baik pengajuannya secara kolektif melalui desa atau kecamatan

”Seperti yang sudah dilakukan pleh warga do Kecamatan Langkaplancar, semuanya dikolektipkan,” terangnya.

Sentara syarat pencairannya warga cukup membawa  KTP asli Pangandaran, surat hasil swab asli dan nota atau kwitansi dari rumah makan.

"Tapi jika  KTP nya bukan warga  Pangandaran  tidak berhak menerima,” terangnya

Untuk tahap ke-2, mwnurut Jajang saat ini ia sudah menerima usulan sebanyak 287 orang dengan nilai Rp 143,5 juta dan Linmas sebanyak 520 orang dengan nilai Rp 145,6 juta.

”Kalau warga yang OTG sedang menjalani isoman tapi tidak diajukan, ya tidak akan menerima bantuan, jadi silahkan ajukan,” tuturnya.(PNews)


Related

berita 6474297507357453712

Posting Komentar

emo-but-icon

item