DUKUNG PERBUP CIAMIS PMII GULIRKAN KANTONG PLASTIK RAMAH LINGKUNGAN

PANGANDARANNEWS.COM/CIAMISNEWS – Dalam rangka mendukung Peraturan Bupati (Perbup) No. 27 tahun 2021, beberapa hari lalu PMII Ciamis membagikan 100 pack kantong plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) ke sejumlah DKM. (17/7)

Seperti dismpaikan Ketua PC PMII Ciamis Irsal Muhamad, ini bertujuan agar saat panitia kurban membagikan daging kurban kepada masyarakat sudah tidak menggunakan lagi kantong plastik biasa (kresek), tetapi menggunanakan kantong plastik yang ramah lingkungan.

Kata Irsal, kantong plastik yang bagikan PMII bukan sekedar plastik biasa tetapi merupakan plastik  ramah lingkungan yang dibuat dengan teknologi oxium melalui 3 tahap tier.

“Yaitu oksidasi-biodegradasi-Ekotoksisitas yang akan mempercepat plastik ini terdegradasi dan terfragmentasi hingga terurai 2-4 tahun saja, ”kata Irsal saat diwawanrai melalui sambungan telepon. (19/7)

Saat limbah sampah plastik berada di lingkungan, menurut Irsal, tidak bisa cepat membusuk seperti bahan alami. Dan tentu ini jadi ancaman bagi lingkungan di sekitar pemukiman, karena permasalahan limbah plastik ini butuh waktu lama  untuk mengurainya, bahkan hingga ratusan tahun.

Keberadan kantong plastik ini berbeda dengan kantong kresek yang seperti biasa, karena kresek yang biasa dipakai memerlukan waktu lama untuk penguraiannya, tetapi kantong kresek ramah lingkungan ini bisa hancur sekitar 2 sampai 4 saja menyatu dengan tanah dan zat-zat yang lainnya.

Irsal berharap dengan adanya Perbup ini kedepannya persolan-persoalan sampah khususnya sampah plastik bisa terselesaikan dengan tuntas dan lingkungan pun bisa tetap terjaga.

Ia juga mengajak kepada semua stake holder dan masyarakat Ciamis untuk bersama-sama menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan dengan memulai menggunakan plastik yang ramah lingkungan.

 “Mari bersama-sama menjaga lingkungan kita, jangan sampai masyarakat abaipersoalan ini, kesadaran bersama akan menjadi penentu bagaimana kita dalam rangka menjaga alam dan se-isinya,” ungkapnya.

Sementara Bupati Ciamis Dr.H.Herdiat Sunarya saat didampingi Sekda Kab. Ciamis Dr.H.Tatang dan Kepala Dinas DPRKPLH Dr.H. Taufik Gumelar menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PMII Ciamis  yang sudah bisa menginisiasi dan menginovasi untuk membagikan kantong plastik ramah lingkungan untuk kegiatan kurban.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada PMII Ciamis yang telah mendukung PerBup semoga bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis, “ucap bupati.

Hal senada dikatakan Kepala DPRKPLH Dr. H. Taufik Gumelar, ST, ihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung gerakan rama lingkungan dari rekan-rekan PMII Ciamis dengan inovasi penggunaan sampah plastik yang ramah lingkungan.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat mari bersama-sama menciptakan Ciamis bebas dari sampah plastik sesuai PerBup Nomer 27 tahun 2021, ″ujarnya singkat. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 1116859452936866940

Posting Komentar

emo-but-icon

item