KEMBANGKAN DESTINASI WISATA BARU, PEMKAB PANGANDARAN BUKA WISATA SUNGAI CIPUTRAPINGGAN

PANGANDARANNEWS.COM – Selain pantai kini Pemkab Pangandaran akan buka varian wsiata sungai di Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang. 

Sambil menikmati suasana alami di lokasi ini nantinya wisatawan juga bisa menyusuri sungai Ciputrapinggan mulai dari muara di laut hingga ke hulu sungai di Bendungan Matras.

Demikian disampaikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata beberapa hari lalu saat bertemu langsung dengan masyarakat sekitar sungai ciputrapinggan yang dihadiri tokoh masyarakat Ibu Susi Pudjiastuti, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran, Camat Kalipucang, Camat Pangandaran dan beberapa Kepala Desa di blok Pamegeulan Desa Putrapinggan. (13/6)

“Sungai Ciputrapinggan ini tidak terlalu panjang dan penduduknya juga terbatas sehingga memudahkan dalam penataann dan pengendaliannya, “kata bupati.

Bupati mengatakan ide ini timbul setelah ia dan mantan Menteri Kelautan Susi Pujiastuti menyusur alur sungai ciputrapinggan.

“Kami berdiskusi, dan saya ajak langsung Ibu Susi untuk naik perhau di aliran  sungai ciputrapinggan, saya tanya apakah ini bisa dijual, menurut beliau bisa asal sungainya bersih tidak ada sampahnya, “jelas bupati.

Terkait pengelolaan sampah, kata bupati nantinya ia akan memerintahkan camat dan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengurusnya.

 Dalam satu minggu ini bupati memerintah camat agar melakukan sosialisasi sehingga bulan juli mendatang sungai Ciputrapinggan ini sudah bersih dari sampah.

“Dan uUntuk pengelolaan sampahnya nanti bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, “terang bupati.

Sementara menurut Susi Pudjiastuti ia mengaku sangat senang karena ada penanganan sampah di Sungai Ciputrapinggan dan akan dijadikan objek wisata baru. 

Susi juga mersa senang karena mulai tanggal 1 juli mendatang sungai Putrapinggan bebas sampah, dan seharusnya sungai-sungai lain pun sama, karena jika sungainya bersih asri tentu bisa dijadikan objek wisata.

 “Ini bisa dimulai dari muara ke muara, ditengah ada trap bisa jadi terminal, tapi jangan tebang bakau, tebang dahon, pohon=pohon ini harus tetap ada dan dijaga,” tegas Susi.

Sepeti diketahui, Sungai Ciputrapinggan ini merupakan salah satu sungai besar serta memiliki ciri air warna biru toska dan di sepanjang sisi sungai banyak ditumbuhi pohon dahon sehingga ini sangat menarik untuk dikunjungi dan dicoba. 

Bagi wisatawan yang akan mencoba, lokasi Sungai Ciputrapnggan ini ada di lintasan jalan menuju obyek wisat pantai Pangandaran, tepatnya di bawah jembatan panjang setelah keluar dari jalan yang meintasi hutan jati Desa Emplak. (PNews)

 

Related

Wisata 319690033222842724

Posting Komentar

emo-but-icon

item