BUPATI PANGANDARAN : “SEKTOR PERTANIAN BERKONTRIBUSI 27 % UNTUK PDRB KABUPATEN PANGANDARAN”

PANGANDARANNEWS.COM – Dalam pada acara Musyawarah Cabang ke II DPC Himpunan Alumni IPB Kabupaten Pangandaran di Area Goa Lanang, Desa Selasari Kecamatan Parigi, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, sektor pertanian di Kabupaten Pangandaran memberikan kontribusi terhadap PDRB sebesar 27 %.

Laju pertumbuhan ekonomi secara nasional mengalami terkoreksi, tapi untuk Pangandaran sendiri negatif 0.05%. Kenapa ini bisa terjadi, menurut bupati karena kontribusi pertanian memberikan ketahanan yang luar biasa.

“Dalam kondisi pandemi covid-19 ini pertanian memberikan ketahanan pangan yang luar biasa, sehingga pertanian di Kabupaten Pangandaran harus dikembangkan dan dibangun, “kata bupati. (12/06)

Berbagai persoalan yang mendasar sepeti perbaikan infrastruktur, layanan pendidikan, kesehatan dan penataan kawasan wisata sudah selesai, maka, kata bupati, kini pengembangan ekonomi masyarakat menjadi hal yang penting. Dan jika pertanian berkontribusi mampu 27 persen dan menjadi bagian yang utuh dari ketahannan pangan, maka sektor pertanian harus dikembangkan dan dibangun serta berbagai masalah pertanian tentu harus dicarikan solusinya, untuk itu pemerintah akan mengintervensi agar persoalan petani ini dapat diatasi. Dan usaha pemda adalah bagaimana melindungi petani, seperti persoalan harga jual gabah dan lainnya.

Dan sekarang Pemkab Pangandaran sedang mencari cara seberapa ampuh dan besar pemerintah mengintervensi ketika panen raya, ketika harga jatuh, sehingga harganya kembali stabil..

“Saya juga berharap kepada seluruh alumni IPB bisa ikut serta untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Pangandaran, “ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, ia ingin berdiskusi banyak dengan teman-teman IPB tentang berbagai permasalahan pertanian di Kabupaten Pangandaran, dan apa yang disampaikannya menjadi pemahaman alumni IPB sehingga bisa dicari solusinya.

Sementara menurut salah panitia, kegiatan Musyawarah Cabang ke II DPC Himpunan Alumni IPB Kabupaten Pangandaran yang dilaksanakan selama 2 hari  jumat-sabtu, 11-12 juni 2021 ini selain untuk memperat tali silaturahmi antara alumni diharapkan setelah muscab ini mempunyai kegiatan yang lebih riil bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Pangandaran khususnya di bidang pertanian. 

“Selain pertemuan ini kami juga melaksanakan kegiatan lainnya seperti susur sungai, susur lembur, river tubing, pemberian bantauan dan kegiatan lainnya, “terangnya.

Dalam kegiatan ini juga, DPC Himpunan Alumni IPB Kabupaten Pangandaran pencanangan kampung inovasi IPB yang nantinya akan di tindaklanjuti dengan pendampingan diberbagai bidang pertanian meliputi bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan termasuk didalamnya agro wisata. (PNews)




Related

berita 446489290581214402

Posting Komentar

emo-but-icon

item