MELALUI KERJASAMA BI TASIKMALAYA KOPI CIGALONTANG KINI TEMBUS PASAR INTERNASIONAL

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Kopi Cigalontang  merupakan salah satu produk unggulan sektor pertanian Kabupaten Tasikmalaya yang kini sudah dikenal di kancah nasional bahkan kini diekspor ke benua Eropa melalui MoU antara Bank Indonesia (BI) dan Kelompok Tani Pusparahayu yang bertempat di Dusun Kiarabongkok Desa Puspamukti Kecamatan Cigalontang.

Menurut Anggota DPR RI dari fraksi Demokrat Hj.Siti Mufattahah, Psi, MBA yang berkesempatan menyaksikan menandatanganan MoU Penyerahan bantuan Program Sosial BI, menuturkan, berawal dari pertemuannya dengan Pemimpin BI di Tasikmalaya, saat itu  Siti Mufattahah meminta diberikan satu produk unggulan yang bisa ekspor dari Kabupaten Tasikmalaya, dan kebetulan saat ini BI sedang fokus pada sektor pertanian dan salah satu yang disampaikan adalah kopi.

Alhamdulillah memang kopi Cigalontang luar biasa hingga bisa masuk pasar internasional melalui ekspor yang difasilitasi BI," Ujar Siti Mufattahah. (31/05)

Siti Mufattahah mengatakan,  pada setiap pertemuan di anggota DPR RI di Jakarta sekarang ia pun sering menyampaikan bahwa Kabupaten Tasikmalaya memiliki produk unggulan kopi dan sekarang sudah terbukti hasil dan produksinya berkualitas dan tidak kalah dengan kopi yang dihasilkan dari  daerah lainnya di Indonesia.

Kopi Cigalontang yang kini bisa bersaing dengan kopi dari Pangalengan yang sudah dahulu diekspor, kata Siti Mufattahah kini berharap dukungan dari pemerintah daerah sehingga Pemkab Tasikmalaya pun nantinya memiliki salah satu produk unggulan, dan Cigalontang bisa menjadi iconnya produk kopi.

Siti Mufattahah pun berpesan, setelah ekspor pasti akan banyak pemesan dan jika barangnya kurang tentunya bisa digabungkan dengan daerah lain untuk dijadikan icon kopi.

“Saya berharap icon kopi  Cigalontang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi  masyarakat  Kabupaten Tasikmalaya, “pungkasnya. (ANWARWALYO-UDIRUSTANDI)








Related

TASIK NEWS 2099850407648866057

Posting Komentar

emo-but-icon

item