HASIL PEMANTAUAN BADAN HISAB TASIK HILAL TIDAK TAMPAK DI CIPATUJAH, BESOK MASIH PUASA?

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Kantor Kementerian Agama bersama Badan Hisab dan Rukyat (BHRD)Daerah Kabupaten Tasikmalaya menggelar pemantauan hilal penentuan 1 Syawal 1442.H Tahun 2021 yang dipimpin langsung Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd, bertempat di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah. (11/5)

Usep mematikan pelaksanaan pemantauan hilal ini dilaksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti  memakai masker, menjaga jarak serta  membatasi jumlah petugas.

Usai pemantauan Ketua BHRD Kabupaten Tasikmalaya KH. Ade Daruttahqiq, MM.,MH. menyampaikan, secara pergitungan tinggi hilal pada tanggal 11 Mei 2021 tidak tampa dan hilal akan terlihat pada 12 Mei pada sore atau menjelang magrib, sehingga dapat dipastikan 1 Syawal 1442 H atau Lebaran Idul Fitri akan jatuh pada 13 Mei 2021.

“Tinggi hilal sore hari ini di seluruh Indonesia adalah -5,5° sampai dengan -4°06, maka pengamatan hilal tanggal 11 Mei tidak akan nampak hilalnya sehingga tanggal 12 Mei masih masuk bulan ramadhan , “terang Ade.

Ade juga mematikan hilal tidak terlihat  pada sore atau menjelang magrib sehingga pergantian menuju 1 Syawal 1442 H adalah setelah matahari tenggelam pada 12 Mei 2021.

 “Dari hasil pemantauan tadi hilal tidak tampak pada sore hari ini, artinya besok hari masih bulan ramadhan dan masih melaksanakan puasa, "jelas Ade lagi.

Namun menurut Ade untuk hasil penentuan 1 Syawal 1442H pihaknya ikut pemerintah yang akan di sampaikan melalui konferensi pers Menteri Agama RI.

“Secara resmi kita ikuti pemerintah hasil sidang isbat, dan hasil pemantauan kami ini tentu menjadi salah satu laporan pemantauan bahan sidang isbat di Kemenag pusat."kata Ade. (ANWARWALUYO)





Related

TASIK NEWS 7900333972942346397

Posting Komentar

emo-but-icon

item