PA BPD KABUPATEN TASIKMALAYA:” BPD JANGAN TERKESAN SEBAGAI PELENGKAP DESA SAJA”

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Dalam acara ramah-tamah dan silaturahmi Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PA BPD) Kabupaten Tasikmalaya, dibahas juga terkait fungsi dan Marwah BPD di dalam pemerintahan di tiap-tiap desa.

Seperti dikatakan satu pengurus PA BPD Se. Kab. Tasikmalaya, Hilman, keberadaan BPD sampai saat ini umumnya hanya sebagai lembaga yang terkesan hanya dibutuhkan sebagai pelengkap adminstrasi desa saja, karena hampir umumnya BPD itu marwahnya seolah di bawah Kepala Desa sehingga hasilnya hanya cukup dibtuhkan ketika menyetujui dan menanda tangani  legalitas adminstrasi desa saja.

Dengan hal tersebut, lanjut Hilman, perlu adanya penguatan dan peningkatan kapasitas “keBPDan” dengan dilakukannya Bimtek khusus secara berkelanjutan seperti halnya Bimteka terhadap Perades dan Kepala desa.

“Dalam satu tahun ini saja saya perhatikan tidak pernah ada bimtek peningkatan kapasitas khusus untuk BPD,,” tegas Hilman. (24/04)

Hilman menambahkan, jika saja kapasitas BPDnya lebih baik, maka ia akan menjalankan fungsinya dengan baik pula, dan tentunya pihak Pemerintah Desa dan Kepala Desa pun akan membuka diri dan tidak banyak yang akan ditutupi.

Ia juga berharap dengan adanya PA BPD yang telah resmi dibentuk memalui musyawarah nasional (Munas) yang dilanjutkan dengan Musda, Muscam kemudian telah dibukanya “Sekolah Desa Terpadu” sebagai kawah Candra Dimuka desa, BPD akan lebih berfungsi dan Marwahnya paling tidak sejajar dengan Pemerintah Desa dan Desa pun akan lebih maju.

“Saya juga berharap semoga acara siraturahmi BPD se-Kabupaten Tasikmalaya mampu menjalin sinegritas yang baik, “pungkasnya. (ANWARWALUYO-AMIRSARIPUDIN)


Related

TASIK NEWS 5427464598918498

Posting Komentar

emo-but-icon

item