PEMKAB PANGANDARAN AKAN ADOPSI SISTIM PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA SURABAYA

Bupati Kab Pangandaran, JEJE WIRADINATA
PANGANDARANNEWS.COM – Salah satu agenda dalam kunjungan kerja (kunker) Pemkab Pangandaran ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk melakukan study banding terkaait pengelolaan sampah , salahsatunya ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Jambangan di Kota Surabaya.

Saat dihubungi lewat telepon celullernya, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, mengatakan pihaknya sengaja datang untuk melihat langsung pengelolaan sampah di Kota Surabaya dengan harapan nantina bisa diterapkan di Pangandaran.

“Saya sangat tertarik dengan cara penglolaan sampah di TPST Jambangan tersebut karena ternyata sampah bisa dimanfaatkan sebagai penghasil energi listrik, ujarnya.(25/03)

Jeje mengatakan, selain bisa dimanfaatkan menjadi bahan dasar pupuk dan lainnya ternyata sampah juga mampu dijadikan sumber tenaga listrik serta bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak, dan tentu hal ini akan dicoba diterapkan di Pangandaran.

Masalah sampah di Pangandaran sudah harus mendapatkan penanganan yang serius karena setiap tahunnya terus meningkat, selain sampah lingkungan warga sampah di objek wisata juga menjadi persoalan yang harus ditangani serius. Sehingga sudah saatnya di Kabupaten Pangandaran dibuat 

tempat pembuangan sampah terpadu agar sistem pengelolaannya menjadi lebih baik dan menhasilkan nilai ekonomis.

Selain study banding melihat sistem pengelolaan sampah, kata bupati, ada dua poin lagi yang menjadi target kegiatan study banding di tengah pandemi Corona ini.

"Study banding ini kita fokus pada 3 hal, seperti pengolahan sampah, pemberdayaan UMKM dan pengelolaan pajak atau retribusi," ungkap Jeje. (PNews)


Related

berita 4700337279241236038

Posting Komentar

emo-but-icon

item