PEMBANGUNAN BAK SAMPAH DI DESA CIKUKULU BANGUN KESADARAN WARGA TERAPKAN PHBS

Pangandarannews.com/tasiknews – Persoalan sampah biasanya menjadi masalah tersendiri di setiap tempat, karena jika memang tidak ditangani serius selain menjadi pemandangan yang kurang sedap diihat juga bisa menjadi sumber penyebaran penyakit.

Tapi tidak dengan apa yang dilakukan Pemerinatahan Desa Cikukulu Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, pihak desa berupaya menanggulangi permasalahan sampah ini dengan  membangun bak yang berfungsi sebagai salahsatu upaya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di sembarangan pada  tempat.

Seperti disampaikan Kepala Desa Cikukulu, Asep Triyana, pembangunan bak sampah di anggarannya diambil dari Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2020, nantinya berfungsi untuk menampung sampah dari warga yang kemudian dibakar.

“Mudahmudahan dengan adanya bak sampah ini warga tidaklagi membuang sampah rumahtangga ke sungai dan sembarngan tempat sehingga keasrian lingkungan pun bisa tetap terjaga, “jelasnya, saat ditemui PNews di ruang kerjanya.(29/12)

Asep menambahkan, pada anggaran tahun 2021 Pemdes Cikukulu juga akan melakukan musyawarah dengan BPD dan lembaga desa lainnya untuk menganggarkan pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekaligus sebagai tempat pembakaran sehingga nantinya tidak ada lagi pesoalan sampah yang menumpuk dan di buang di sembarang tempat.

“Dan tujuan akhirnya, warga pun kan semakin sadar tentang bahayanya akibat membuang sampah sembaragan teruta pada lingkungan di sekitar kita, “ucap Asep. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 8968586027086708126

Posting Komentar

emo-but-icon

item