KADES CIBALONG: “BUDAYA GOTONG-ROYONG WARGA JADI MODAL UTAMA PEMBANGUNAN DESA”

Pangandarannews.com/tasiknews - Suksesnya sebuah program di tingkat desa tentu ini merupakan  dari kekuatan dan sinegritas BPD. LPM dan tokoh  masyarakat sebagai salah satu unsur utama dalam pembangunan, karena pemberdayaan masyarakat merupakan modal utama dalam program membangun desa mandiri baik dalam pembangunan fisik maupun non fisik.

Sepeti yang dilakukan Pemerintahan Desa Cibalong Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya yang terus menggiatkan program pemberdayaan masyarakatnya untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan, mulai sejak perencanaan, pelaksanaan hingga melakukan evaluasi.

Menurut Kepala Desa Cibalong, Rahmat Sutendi, pemdes membuka akses informasi kegiatan yang ada di desa karena informasi akan menumbuhkan partisipasi sehingga prinsip-prinsip pengelolaan keuangan desa yang transparan dapat diimplementasikan dan pembangunan pun akan sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat.

Rahmat mengungkapkan, masyarakat merupakan pelaku langsung serta unsur penting dalam proses pembangunan yang ada di desa, sehingga hampir seluruh program kegiatan Desa Cibalomg selalu melibatkan warga karena kunci keberhasilan program pembangunan bergantung dari sinergitas Pemdes, perangkat dan lapisan masyarakat.

Budaya gotong-royong dan budaya rembug, kata Rahmat, merupakan kearifan lokal yang hingga saat ini masih kental dalam menyelesaikan segala permasalahan, dan ini menjadi adalah modal utama dari pembangunan.

“Dalam setiap program saya selalu berharap agar masyarakat ikut andil dan berpartisipasi karena Sekecil apapun sumbangsih dan partisipasi masyarakat akan sangat bernilai bagi progress pembangunan dan kemjuan desa, maka mari membangun desa mandiri, “tutur Rahmat. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 977040036838427095

Posting Komentar

emo-but-icon

item