KPUD PANGANDARAN GELAR SIMULASI PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA JELANG PILKADA 2020

PANGANDARANNEWS.COM –Bertempat di lapang Cikangkung Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih, Komisi Pemilihan Umum KPU Pangandaran selenggarakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Sirekap Di Tingkat TPS Dalam Pemilihan Serentak tahun 2020.(21/11)

Dalam simulasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran dalam penerapan protokol kesehatan dan bisa di laksanakan di TPS untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada saat pemungutan suara nanti.

Seperti dituturkan Ketua KPU Pangandaran, pemilu saat ini dengan kebiasaan baru tentu menjadi suatu hal yang berbeda karena harus menerapkan protokol kesehata (prokes), sepeti jumlah di dalam TPS yang dibatasi hanya 7 orang KPPS dan 2 saksi dari masing-masing pasangan calon (paslon), serta untuk kedatangan pemilih ke TPS pun akan diatur sedemikian rupa agar  tidak menjadi penumpukan.

“Dan bagi pemilih yang suhu badanya di atas 37,3 °C, maka akan mencoblos di bilik suara khusus terpisah dari bilik suara lainnya, tetapi masih di lokasi TPS, “terangnya.

Dalam simulasi ini, kata Muhtadin, akan diketahui hal apa saja yag harus diperbaiki dan akan dimasukan pada Dapta isisan Masalah (DIM) yang nanti menjai bahan evaluasi untuk perbaikan.

Muhtadin mengakui, masalah jaga jarak memang menjadi salahsatu sorotan yang masuk DIM untuk dievaluasi, karena dalam simulasi pun kerumuan dengan jarak yang tidak sesuai dengan prokes terjadi.

“Intinya apa yang masuk dalam DIM pada simulasi ini akan menjadi bahan evaluasi sehingga pada pelaksanaannya  tanggal 9 desember nanti temuan-temuan dalam simulasi ini sudah diperbaiki, “imbuhnya.

Sementara, menurut Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, dalam Pemilu sekarang di masa Pandemi Covid-19, jauh berbeda dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya karena sekarang ini ada 15 hal baru dalam PKPU terkait proses pemungutan suara di TPS pada Pilkada Serentak 2020, dan aturan baru ini mengatur hal-hal yang harus dipatuhi baik oleh pemilih mau pun petugas penyelenggara pemilu. 

"Secara garis besar dalam PKPU tersebut proses pemungutan suara di TPS harus menerapkan  dengan protokol kesehatan,"ungkapnya. (AGE)


Related

POJOK PEMILU 9025425104730313151

Posting Komentar

emo-but-icon

item