DIPROYEKSIKAN JADI AKUARIUM RAKSASA PIAMARI PANGANDARAN DIBUKA AKHIR TAHUN INI

PANGANDARANNEWS.COM –Pembangunan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (Piamari) yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Cikidang Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran, yang mulai pembangunannya tahun 2017 lalu, rencananya  akan dibuka pada pertengahan bulan desember tahun 2020 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Seperti disampaikan Koordinator Piamari Agus Setiawan, beberapa hari lalu, direncanakan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo,yang akan melakukan soft opening

“Dan saat ini kami pun sedang melakukan persiapan, diantaranya dengan mempercantik akuarium dan fasilitas lainnya agar layak dikunjungi wisatawan, targetnya bulan ini akurium sudah diisi air dan sejumlah jenis ikan laut, “ujarnya.(1/11)

Agus menjelaskan, ada tiga jenis akuarium yang dibangun berukuran raksasa, seperti saat mamsuki  gedung di lantai dasar pengujung bisa melihat schooling aquarium berbentuk silinder dengan kedalaman 7 meter dan lebar 5 meter yang akan diisi ikan-ikan laut. Kemudian memasuki lantai atas ada museum maritim tentang kegiatan kemaritiman khususnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Sementara tidak jauh dari museum itu ada kolam sentuh atau touch pool sehingga anak-anak bisa menyentuh ikan, batu karang atau bintang laut, yang dihiasi lukisan tiga dimensi untuk berswapoto, “jelas Agus.

Setelah itu, lanjut dia, wisatawan masuk ke ruangan tunnel aquarium yang diisi oleh jenis ikan air tawar dengan panjang 47 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar rata-rata 3 meter.

Tidak hanya itu, menurut Agus, pengunjung pun bisa menikmati akuarium air dengan tumbuh-tumbuhan air dan ikan-ikan (aquascape), yang diperkirakan ini menjadi aquascape terbesar di dunia karena ukurannya lebih besar dengan ada di Portugal yang memiliki 40 meter.

Lalu setelah memasuki tunnel aquarium, imbuhnya, wisatawan pun bisa masuk ke teater akuarium untuk edukasi dan sosialisasi tentang kebencanaan, konservasi dan lainnya di depan akuarium berukuran panjang 30 meter dan lebar 10 meter dengan kedalamannya 4 meter yang diisi ikan pari,  hiu, kerapu besar, bawal bintang dan beberapa ikan karang lainnya.

Sebenarnya di lantai dua ada ruangan untuk audio visual, namun kata Agus, tahun ini belum bisa dibuka termasuk untuk wisata diving (menyelam) di lokasi akuarium teater, karena setelah berkeliling untuk spot kunjungan wisatawan akan diarahkan ke ruangan suvenir.

 “Mudah-mudahan keberadaan Piamari ini bisa menambah waktu kunjungan serta mampu mendongkrak arus wisatawan ke Pangandaran, “pungkasnya. (PNews)

 

Related

berita 4966266144721720629

Posting Komentar

emo-but-icon

item