PROGRAM YESS DESA PARAKANHONJE JARING KAUM MILENIAL KEMBANGKAN SEKTOR PERTANIAN

PANGANDARANNEW.COM/TASIKNEWS-Pemerintah Desa Parakanhonje Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya beberapa harilalu menggelar sosialisasi Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) untuk kalangan muda dan masyarakat, yang dilaksanakan di aula desa. (10/10)

Kegiatan YESS ini merupakan kerjasama antara tim Mobilizer YESS KTNA Kabupaten Tasikmalaya dan  BPP Bantarkalong untuk memperkuat kesadaran masyarakat terutama kalangan muda untuk berwirausaha dan membuka peluang ketenaga kerjaan di pedesaan.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KTNA Kabupten Tasikmalaya H Smbas, koordinator BPP Bantarkalong Suherman SP, Kades Parakanhonje Abdulloh dan puluhan petani dan anggota kelompok wanita tani se Desa Parakanhonje.

Ketua KTNA Kabupaten Tasikmalaya H Sambas dalam paparanya menjelaskan, salah satu agenda yang tertuang dalam program YESS, penguatan BPP yang berada di empat provinsi, antara lain di  Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.  BPP di wilayah tersebut akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya.

Dalam rangka mendukung pencapaian tujuan program YESS, ujar Sambas, maka diperlukan peningkatan kapasitas bagi penyuluh maupun petugas dalam BPP, dan dengan kegiatan ini  diharapkan mampu meningkatan kapasitas BPP dalam mendukung pengembangan usaha petani milenial, sehingga masalah pengangguran dapat teratasi dengan terbukanya peluang kerja di sektor pertanian melalui penumbuhan wirausahawan muda pertanian dan mampu menekan kemiskinan serta arus urbanisasi kaum muda ke kota. Dan dengan YESS, pemuda milenial nantinya aka mampu melakukan pengelolaan usaha pertanian yang diarahkan secara berkelompok dan mengembangkan usaha secara bersama.

“Pada intinya program YESS ini untuk mendorong peningakatan kegiatan bagi masyarakat khususnya kalangan pemuda usia 17-39 tahun dalam memanfaatkan beragam potensi di desa, ” jelasnya.

Dalam giliran paparannya, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Bantarkalong Suherman SP, menambahkan,  ada 4 kompnen dalam program komponen yang menjadi target dalam program YESS ini, antara lain, peningkatan kapasitas pemuda perdesaan di bidang pertanian, pengembangan wirausahawan muda perdesaan, fasilitasi akses permodalan dan membangun lingkungan usaha yang kondusif.

“Pemanfaatan potensi di pedesaan menjadi salah satu langkah penguatan dan pemberdayaan ekonomi kreatif sehingga nantinya akan mampu mensejahterakan  masyarakat,”jelasnya.

Sementara Kepala Desa Parakanhonje, Abdulloh, saat dihubungi lewat telepon clullernya, mengatakan,pihaknya berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi YESS dapat meningkatkan kepedulian dan semangat masyarakat terutama kalangan milenial untuk bersama- sama membangun desa mandiri di sektor pertanian dengan inovasi-inovasi mengembangkan pertanian, sehingga jika  para petani bisa sejahtera, maka secara umum masyrakat desa pun ikut sejahtera. Dan bukan tidak mungkin nantinya Desa Parakanhonje pun akan mampu swasembda  panggan.

“Dengan singritas pemuda dan pemdes saya yakin akan mampu  mengembangkan sektor pertanian lebih sejahtera, dan ini selaras dengan gerakan membanggun desa, “tegas Abduloh. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 8970196819630763679

Posting Komentar

emo-but-icon

item