PAAMPROKAN JADI VARIAN BARU FASILITAS WISATA PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM-Dalam kunjungan kerjanya hari juma’t kemarin ke Kabupaten Pangandaran, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkesempatan melihat langsung ke lokasi rencana pembangunan obyek wisata baru Pangandaran Splash Park di kawasan Pantai Pamugaran Pangandaran.(23/10)

Hadir pada kesempatan tersebut Pjs Bupati Pangandaran Dr. H Dani Ramdan MT, Walikota Banjar Hj. Ade. Uu Sukaesih, Kepala Dinas Tarkim Prov. Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Prov Jabar, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Sekda Pangandaran Drs. Kusdiana MM, Sekda Kabupaten Ciamis, Direktur Utama PT. Panca Makmur Bersama (PT. PMB).

Usai peletakan batu pertama, Kang emil, sapaan akrab gubernur, akhirnya memberi nama Paamprok, yang artinya tempat tersebut merupakan tempat pertemuan, untuk wisata baru yang akan dibangun di lahan eks. Binas Sosial Pemprov Jabar dan dibiayai dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari  PT. PMB.

Di hadapan tamu undangan yang hadir, Emil un memaparkan arti dan penjabaran kata paamprokan, amprok itu bahasa sunda artinya bertemu, lalu diberi awalan pa dan akhiran an, sehingga menjadi tempat paamprokan (bertemu).

Ini menjadi tempat wisata baru yang diharapkan bisa ikut memajukan dunia pariwisata yang ada di Pangandaran, salahsatunya dengan sering menggelar even-even.

 “Dalam pemberian nama apa pun selain enak dibaca, kata Emil, juga harus mempunyai makna mulia dan bermakna tentang kearifan lokal, “terang Emil.

Emil juga mengatakan, nantinya di Ruang Terbuka Publik (RTP) Paamprokan rencannanya akan dibangun sejumlah fasilitas, seperti plaza, menara pandang, shelter UKM, ruang bermain anak, arena olahraga serta penunjang lainnya.

Sementara menurut Pjs Bupati Pangandaran, Dani Ramdhan, RTP Paamprokan akan jadi tambahan varian wisata yang diharapkan bisa mengkatrol arus kunjungan wisatawan ke Pangandaran.

Kata Dani, bagi pangandaran  ini merupakan langkah strategis karena dengan bertambahnya satu fasilitas RTP akan menjadi wahana baru yang akan menjadi salah satu magnet pariwisata Pangandaran.

“Saya  juga berharap RTP Paamprokan akan menjadi tujuan wisata utama, karena selama ini wisatawan terkonsetrasi di pantai baratan timur, sehingga sering terjadi kepadatan dan kemacetan lalu-lintas, “kata Dani. (PNews)


Related

berita 6980532498130074724

Posting Komentar

emo-but-icon

item