MENIKMATI PANORAMA ALAM SAMBIL MEMETIK PEPAYA DI BUKIT PANYANGRAYAN SUKAPURA

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS-Bukit Panyangrayan atau sebagian memanggilnya Bukit Gedang ( Pepaya), pada tahun 2014 lalu bukit milik Perhutani yang berlokasi di Kampung Sadaukir,  Kapunduhan Barumekar Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, pernah mengalami kebakaran hebat.

Sejak dibuka kembali pada 2 tahun lalu, kini bukit Panyangrayan berubah menjadi objek wisata dengan magnet keindahan alam yang luar biasa serta berbeda dengan kebanyakan obyek wisata lainnya karena di obyek wisata ini wisatawan dapat memetik buah pepaya jenis California yang ditanam warga.

Seperti diungkapkan Ketua Pengelola Wisata Bukit Panyangrayan, Dadang Saputra (55), di lahan ini sekarang ditanami Pepaya California yang digarap 12 petani warga setempat karena di lahan ini memang sangat cocok ditanami pepaya.

Tapi karena penanamannya di lahan milik Perhutani, maka, kata Dadang, hasil pertanian tersebut harus disetor ke Perhutani sebesar 25 %. Dengan adanya penanaman Pepaya california di lokasi wisata Bukit Panyangrayan atau ada sebagian yang menyebut Gedang Panyangrayan selain membantu perekonomian warga setempat,juga mampu memberikan nilai tambah menjadi lokasi wisata.

“Disini pengunjung bebas memetik pepaya, namun setelahnya harus bayar dengan harga Rp. 5000 untuk 1 buah pepaya, ”jelas Dadang. (22/10)

Dikatakan Dadang, pepaya yang ditanam warga selain dijual dengan cara dipetik sendiri kepada pngunjung hasil panen pepaya pun diolah menjadi manisan oleh masyarakat sekitar melalui pelatihan yang disediakan pihak pengelola wisata.

Disoal pembenahan fasilitas Wisata Panyangrayan, Dadang mengatakan,pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan serta menata dan menambah fasilitas di sekitar objek wisata seperti penataan tempat camping dan perlebaran jalan yang biayanya didapat dari hasil parkir.

Sementara fasilitas pendukung yang telah dibangun, sebuah Mushola, kamar WC, lahan parkir , tempat untuk berswafoto, gazebo dan warung warung kecil.

"Alhamdulillah, Pembukaan obyek wisata bukit Panyangrayan sendiri mendapat dukungan penuh dari pihak Kecamatan dan desa termasuk dari pihak keamanan polsek dan koramil Sukaraja, ”ucapnya.

Salah seorang penjual pepaya, Dini ( 30) mengatakan, hampir semua warung di lokasi obyek wisata menjual pepaya yang menjadi menjadi ciri khas wisata, dengan harga sekitar Rp.2.500 per kg.

 “Disini pengunjung juga bebas membeli, mau yang sudah ada di warung ataupun memilih sendiri langsung dari pohonnya, “ujar Dini. (RUSDIANTO)


Related

TASIK NEWS 3467276966365359919

Posting Komentar

emo-but-icon

item